Ticker

6/recent/ticker-posts

Waterboom Sawahlunto Kembali di Buka | dutametro



SAWAHLUNTO.-dutametro.com. - Destinasi wisata Waterboom Sawahlunto kembali dibuka, dengan menjalankan standar protokol kesehatan sesuai kaidah - kaidah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman dari Covid - 19.  Terutama untuk kualitas air kolam dan berbagai standar  protokol kesehatan untuk personel Waterboom dan pengunjung, dilakukan dengan berkoordinasi dan berkonsultasi dengan jajaran pihak kesehatan, termasuk Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kesehatan Unand, dr. Andani Eka Putra.

Meninjau langsung situasi dan kondisi terkini, Walikota Sawahlunto Deri Asta didampingi Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) dr. Ambun Kadri mengunjungi Waterboom, Minggu 12 Juli 2020 tadi. Dalam kunjungan itu, Walikota mengecek dan memastikan kesiapan Waterboom menerima kunjungan wisatawan.

"Jadi Waterboom ini memang baru sejak 2 hari lalu kita izinkan untuk dibuka, berbeda dengan destinasi lain yang sudah beroperasi kembali sejak pertengahan Juni lalu. Sebab Waterboom kan  adalah wisata air, sehingga membutuhkan kajian dan pertimbangan kesehatan yang lebih banyak. Itu sudah kita lakukan, berkonsultasi dengan jajaran pihak kesehatan, bahkan juga dengan Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kesehatan Unand, bapak dr. Andani Eka Putra. Hasil rekomendasi beliau Waterboom sudah boleh dibuka kembali, dengan menjalankan berbagai item dan standar protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid - 19," sebut Walikota Deri Asta.

Kepada jajaran personel PT. Wahana Wisata Sawahlunto (WWS) yang mengelola destinasi Waterboom ini, Walikota mengingatkan agar protokol kesehatan benar - benar dapat dijalankan dengan baik dan optimal. Sebab, protokol kesehatan itulah yang menjadi benteng terhadap pengunjung dan personel dari resiko penyebaran Covid - 19.

"Tolong teman - teman pengelola di sini, jangan lengah, ingat bahwa resiko penyebaran Covid - 19 masih tetap ada. Makanya, kita bentengi dengan menerapkan protokol kesehatan ini. Kita ciptakan keamanan dan kesehatan terhadap pengunjung dan jajaran personel kita," ujar Walikota Deri Asta.

Terkait item kesehatan untuk menjaga keamanan air di kolam - kolam Waterboom ini dari resiko penyebaran virus Corona, dijelaskan oleh Direktur PT. WWS, Epy Kusnadi bahwa pada air tersebut sudah dimasukkan disinfektan yakni klorin dengan takaran kandungan sesuai standar kesehatan. Kemudian juga berbagai tempat yang rawan banyak disentuh pengunjung secara bergantian juga rutin disemprot disinfektan.

Sementara, Anggota Komisi II DPRD Sawahlunto, Jhon Reflita yang turut mendampingi Walikota Deri Asta dalam peninjauan ke Waterboom tersebut memberikan sejumlah saran untuk meningkatkan kembali tingkat kunjungan wisatawan. Diantaranya, Jhon Reflita menyarankan agar kunjungan dimulai dengan bekerjasama dengan sekolah - sekolah di Sawahlunto untuk membawa murid - muridnya ke Waterboom.

"Ini untuk memunculkan keyakinan pada masyarakat luar, bahwa Waterboom Sawahlunto sudah dibuka dan aman untuk dikunjungi. Makanya, dimulai dari kita yang di dalam ini dulu untuk meramaikan, bisa dari pelajar - pelajar sekolah kita, atau juga Dinas/instansi/perusahaan - perusahaan lokal di sini," kata Jhon Reflita. (**)

Post a Comment

0 Comments