Ticker

6/recent/ticker-posts

SLTA dan SLTP di Sawahlunto , Belajar dengan Protokol Kesehatan Dilaksanakan : dutametro



SAWAHLUNTO.-dutametro.- - Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sederajat di Kota Sawahlunto mulai kembali 'diisi' oleh para murid. Dengan kewajiban menjalankan protokol kesehatan, Proses Belajar Mengajar (PBM) bertatap muka pada SLTA dan SLTP di Sawahlunto telah diselenggarakan sejak Senin 13 Juli 2020 kemaren.

Meninjau langsung situasi aktifitas belajar mengajar di sekolah dalam masa Tatatan Normal Baru Produktif dan Aman dari Covid - 19, Walikota Deri Asta, Wakil Walikota Zohirin Sayuti dan Sekretaris Daerah dr. Ambun Kadri mengunjungi sejumlah SLTA dan SLTP di kota itu. Kunjungan ini dilakukan jajaran pimpinan daerah Sawahlunto tersebut untuk memastikan standar protokol kesehatan yang berlaku memang benar - benar dijalankan di masing - masing sekolah tersebut.

Walikota Deri Asta menyebutkan, bahwa resiko Covid - 19 masih mengintai sebab virus Corona itu masih ada. Maka protokol kesehatan sebagai benteng untuk menjaga diri dan lingkungan dari penyebaran virus Corona tersebut harus dilaksanakan dengan optimal.

"Untuk langkah preventif, sebelum Proses Belajar Mengajar (PBM) bertatap muka dimulai kita sudah melakukan SWAB test massal untuk guru - guru SLTA dan SLTP ini. Kemudian juga sekolah - sekolah ini terlebih dahulu kita lengkapi sarana dan prasarana penunjang untuk menerapkan standar protokol kesehatannya. Sekarang kita melihat langsung, bagaimana saat murid datang ke sekolah penerapan protokol kesehatan ini apakah tetap efektif dijalankan," kata Walikota Deri Asta, usai peninjauan di SMA SDI Silungkang, pada Selasa 14 Juli 2020.

Sambil melihat kondisi sarana prasarana penunjang protokol kesehatan itu, Walikota Deri Asta juga mensosialisasikan protokol kesehatan tersebut kepada guru dan murid. Untuk sejumlah item pelaksanaan protokol kesehatan yang dirasa masih kurang optimal, Walikota juga mengingatkan pada jajaran guru di sekolah tersebut agar item tersebut segera dievaluasi.

"Sudah siap semua sebenarnya, sekolah - sekolah kita sudah menjalankan protokol kesehatan dengan baik. Guru - guru sudah memahami kaidah - kaidah protokol kesehatan ini, untuk murid - murid terus kita sosialisasikan, pelan - pelan kita bentuk agar protokol kesehatan ini terbiasa mereka laksanakan," ujar Walikota Deri Asta.

Untuk lebih meningkatkan kesehatan di lingkungan sekolah, Walikota Deri Asta juga menyarankan pada guru - guru agar ventilasi dan jendela - jendela di ruangan kelas dapat dibuka. Sehingga aliran udara keluar - masuk ke ruangan kelas dapat lebih lancar dan segar sehingga kualitas udara pun meningkat kesehatannya.

Kepala Dinas Pendidikan, Asril yang ikut mendampingi Walikota dalam peninjauan ke sekolah - sekolah tersebut mengatakan bahwa Standar Operasi Prosedur (SOP) pelaksanaan Proses Belajar Mengajar bertatap muka di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan ini sudah disampaikan ke masing - masing sekolah. Diharapkan, pedoman resmi tersebut menjadi acuan yang dilaksanakan secara maksimal oleh pihak sekolah.

"Untuk aturan formal resminya, itu mengacu pada Instruksi Walikota Nomor 800/355/DISDIK.1/SWL/2020. Di sana ada 7 butir instruksi yang mesti dijalankan," kata Asril.

Dalam peninjauan sekolah - sekolah tadi itu, Walikota Deri Asta yang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Asril, Kepala Badan Kesbangpol - BPBD Adriyusman, Direktur RSUD Sawahlunto dr. Adrianof, Kepala Bagian Kominfo - Humas Persandian Setdako Sawahlunto Wiza Andrita, serta Camat Lembah Segar Afriandes dan Camat Silungkang Supar. Sekolah yang dikunjungi adalah SMAN 1 Sawahlunto, SMK Muhammadiyah Sawahlunto, SMA SDI Silungkang Sawahlunto dan SMPN 6 Sawahlunto.

Kemudian Wakil Walikota Zohirin Sayuti yang didampingi Asisten III Setdako Irzam, Kepala Dinas Kesehatan Yasril, Kepala Satpol PP & Damkar Jhon Hendri, Inspektur Kota Isnedi, Camat Talawi Wan Ikhlas mengunjungi SMAN 2 Sawahlunto, SMAN 3 Sawahlunto, SMKN 1 Sawahlunto dan SMPN 3 Sawahlunto.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota dr. Ambun Kadri didampingi Asisten I Setdako Efriyanto, Kepala Dinas Perhubungan Nurwansyah Putra, Kepala Kantor Kementerian Agama Sawahlunto Idris Nazar, Kabag Kesra Setdako Zardinal Basyir dan Camat Barangin Subandi. Tim ini mengunjungi SMKN 2 Sawahlunto, MAN Sawahlunto, MAS Lunto, dan SMPN 2 Sawahlunto. (**)

Post a Comment

0 Comments