Ticker

6/recent/ticker-posts

Kepsek SMAN 3 Solsel : PPDB Keputusan Ditangan Disdik Provinsi | dutametro



SMAN 3 Solsel

Solsel, dutametro. com --- Hasil seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SLTA telah keluar hasilnya pada hari Senin (13/7).

SMAN 3 Solok Selatan, (Sumbar) sudah dua kali melakukan seleksi PPDB melalui online, sehingga dari calon peserta didik yang mendaftar sebanyak 164 orang, kuota sebanyak 129, artinya sebanyak 35 peserta dinyatakan gagal.

Dalam hal penerimaan PPDB, pihak sekolah tidak mempunyai hak untuk menentukan diterima tidak diterimanya calon siswa, dan itu merupakan kewenangan penuh Dinas Pendidikan Provinsi, pihak sekolah hanya perpanjangan tangan Provinsi, dengan berbagai kebijakan dan syarat dalam pelaksanaan PPDB tersebut.

Calon Peserta didik Saat daftar Ulang

Demikian kepala Sekolah SMAN 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra, saat dikonfirmasi dutametro diruang kerjanya, Senin (13/7) dan saat ini calon peserta didik sedang melakukan daftar ulang.

Kita berpedoman sesuai dengan surat edaran Gubernur Sumbar No 420/1126/Disdik-2020 tentang proses Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) SMA/SMK Negeri se Sumbar.

banyaknya surat berdomisili yang ditemukan palsu, pihak sekolah segera verifikasi kekantor camat setempat dan meminta agar kecamatan mengeluarkan surat keterangan domisili resmi.

Kepala sekolah SMAN 3 Solok Selatan, Akmalu Rijal Putra merasa tidak nyaman, karena diancam oleh sejumlah oknum orang tua calon murid, setelah hasil penerimaan calon siswa diterbitkan oleh Dinas Provinsi. Akmalu Rijal putra menekankan keputusan ada di tangan dinas provinsi.

kami sangat menyesali, pihak kecamatan masih bisa mengeluarkan surat berdomisili hingga penutupan pendaftaran, nah inilah muaranya kekesalan orang tua murid kepada kami.

"Saya tidak terima diacam dan diteror  orang tua murid, ucapnya kesal.

melakukan protes boleh dengan sistim administasi dan melayangkan surat resmi kepada instansi terkait, bukan dengan cara mengancam.

Pihak sekolah akan berkoordinasi dan melakukan verivikasi apakah ada permainan pemalsuan surat domisili dari kecamatan.

"Saya optimis surat keterangan domisili saat pendaftaran pertama itu boleh dikatakan surat berdomisilinya asli, namun saat pendaftaran kedua banyak surat domisili itu diragukan," ungkapnya lagi.

Setidaknya ada sekitar 60 orang calon peserta didik diduga surat keterangan domisilinya direkayasa, dan pihak sekolah tidak bisa membatalkan, kewenangan penuh provinsi.

Salah seorang orang tua wali murid menyampaikan keluhannya kepada Awak Media di Padang Aro, namun Dia enggan namanya ditulis.

Kami orang tua wali murid yg mendaftarkan anak utk sekolah di SMAN 3 Sol Sel, kami berdomisili di Nagari Lubuk Gadang yang mana SMAN 3 Sol Sel keberadaannya juga di Kenagarian Lubuk Gadang.

Secara Zonasi, saya akui memang jarak rumah saya dengan sekolah di luar zonasi yg ditetapkan (3.4 KM) sedang domisili saya 6 KM, tapi itu satu satunya sekolah terdekat, sedangkan calon siswa yg berdomisili lebih jauh atau di Luar Nagari Lubuk Gadang bahkan di luar Kec. Sangir bisa diterima di SMAN 3 Sol Sel ini.

Kami bertanya, dimana anak kami akan bersekolah, sedangkan pilihan utk mendaftar hanya satu sekolah. Kami berharap ada solusi dari pihak terkait. Met

Post a Comment

0 Comments