Ticker

6/recent/ticker-posts

Gubernur dan Kapolda Sumbar Panen Padi di Sungayang | dutametro



Tanah datar.-dutametro.com.- Menghadapi ketahanan pangan yang sebelumnya sudah digaungkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, Gubernur Sumatera Barat dan Kapolda Sumbar mengunjungi Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, Rabu (8/7).

Rombongan Irwan Prayitno dan Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH ini, melaksanakan kegiatan panen raya padi bersama Kelompok Tani Sawah Padang Nagari Minangkabau dengan didampingi Forkopimda Tanah Datar.

Secara simbolis, Gubernur Sumbar dan Kapolda Sumbar memanen padi yang disaksikan langsung masyarakat sekitar. Selain itu Gubernur dan Kapolda Sumbar juga ikut memanen padi dengan menggunakan mesin pemanen padi.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sangat bangga kepada masyarakat Kelompok Tani Sawah Padang dengan apa yang telah mereka produksi. Selain itu, Gubernur juga mengharapkan semoga produksinya tiap tahun semakin meningkat.

“Saya Gubernur Sumatera Barat mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI-Polri yang juga ikut mendukung kesedian pangan, karena sebelumnya kami memanen bawang dan yang punya lahan merupakan anggota Polri. Jadi kami sangat mengapresiasi pengabdian TNI-Polri dalam mendukung kesediaan pangan,” ucap Irwan Prayitno.

Selain itu, Kabupaten Tanah Datar sebagian besar masyarakatnya adalah bekerja sebagai petani. Jadi menjadi hal yang wajar jika Tanah Datar selalu mempunyai cadangan beras yang berlebih. Apalagi saat ini Presiden selalu menggaungkan ketahanan pangan selama pandemi Covid-19.

“Pandemi ini memang berdampak kepada ekonomi masyarakat yang Maret hingga Mei kemaren sangat berpengaruh,” ujarnya.

Irwan Prayitno juga mengatakan, bahwa pertanian menjadi salah satu prioritas dalam membangun Provinsi Sumbar. Apalagi Sumbar setiap tahunnya selalu memiliki cadangan beras berlebih untuk kebutukan warga Sumbar.

Namun walaupun kita digenjot dalam mendukung ketahanan pangan, Gubernur Sumatera Barat dan Kapolda menghimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan wajib memakai masker dan jaga jarak. Selain itu kurangi transmisi lokal dan import dari luar, agar tidak adanya penyebaran Covid-19.

“Kami dari pemerintahan selalu mendukung Polri dan TNI untuk terus menegakkan disiplin kepada masyarakat dalam mengedepankan protokol kesehatan,” pungkasnya.(*)

Post a Comment

0 Comments