Ticker

6/recent/ticker-posts

Berkunjung ke Tanah Datar , Mahyeldi : Padang Sebagai Industri Hilir | dutametro



Padang -dutametro.com.- Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu daerah penghasil pertanian terbesar di Sumatera Barat. Beras dan sayuran adalah komoditi unggulan dari daerah ini. Melihat potensi tersebut, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah datang berkunjung ke daerah tersebut, Sabtu (11/7/2020).

Mahyeldi menyebut, seluruh hasil pertanian itu mesti dapat dinikmati oleh masyarakat. Karena itu, menurut Mahyeldi, perlu ada penguatan agar hasil pertanian Tanah Datar dapat tersebar ke seluruh daerah.

“Dengan adanya hasil pertanian itu, perlu ada penguatan hilir,”jelas Mahyeldi saat memberi sambutan di Lapangan Sepakbola Limo Kaum, Tanah Datar sebelum digelarnya pertandingan sepakbola persahabatan antara PS Pemko Padang dengan PS Tanah Datar.

Dituturkan Mahyeldi, Padang memang tengah diplot sebagai industri hilir. Setiap komoditi yang berasal dari kabupaten / kota lain dibawa ke Padang untuk kemudian diolah menjadi barang jadi dan dikonsumsi masyarakat.

“Kita banyak berdiskusi dengan kawan-kawan di kabupaten / kota, masalah komoditi dan lainnya ada di hilir, semuanya itu perlu peningkatan (di hilir). Dan kita perlu dorong Padang sebagai industri hilir,” jelas Mahyeldi di depan jajaran kerja Pemkab Tanah Datar.

Mahyeldi mengatakan, saat ini Padang telah memulai semuanya itu, Padang menjadi industri hilir dari CPO. Jika tak ada aral melintang, sebuah perusahaan yang berdiri di Teluk Bayur akan mengolah CPO untuk kemudian dijadikan biodiesel.

“Ada perusahaan yang berinvestasi triliunan di Padang dan mengolah CPO menjadi biodiesel pada tahun 2021 nanti,” papar wali kota.

Wali Kota Padang juga sempat menyinggung, kunjungannya ke daerah-daerah di Sumatera Barat seperti ke Tanah Datar adalah upaya untuk memperkuat Padang sebagai industri hilir. Apalagi Padang memiliki struktur ekonomi seperti perindustrian, perdagangan dan jasa, komunikasi dan informasi, serta pariwisata. Kesemuanya itu menurut Mahyeldi merupakan penyumbang terbesar untuk Kota Padang.

Kedatangan Mahyeldi di daerah di Sumatera Barat sekaligus untuk melihat potensi-potensi yang ada di kabupaten / kota lain. Sehingga diharapkan dengan begitu akan dapat menggerakkan ekonomi kabupaten / kota lainnya.

“Makanya kita coba buat hilir dari hasil yang ada di kabupaten / kota, hilir dan industrinya kita coba di Kota Padang,” terang Mahyeldi.

Lawatan Wali Kota Padang ke Tanah Datar, Sabtu (11/7/2020) merupakan agenda resmi Pemko Padang. Wali Kota Padang bersama Persatuan Sepakbola Pemko Padang (PS Pemko Padang) melakukan pertandingan sepakbola persahabatan dengan PS Tanah Datar di Lapangan Sepakbola Limo Kaum. Pertandingan yang diikuti jajaran kerja kedua daerah ini saling menguatkan silaturahim yang selama ini terjalin baik.(**)

Post a Comment

0 Comments