Ticker

6/recent/ticker-posts

Tidak Ada Warga yang Tidak Mendapatkan BLT Covid-19 di Pakan Rabaa Timur Kecuali PNS TNI POlri


Walinagari Pakan Rabaa Timur Saat Menyrahakan BLT Dana Desa Didampingi Sekna

Solsel, dutametro.com--- Bagi warga yang tidak terdaftar dalam penerimaan bantuan BLT Covid-19 jangan kuatir, pihak nagari akan mencarikan jalan keluarnya.

Dalam laporan kami dari pihak Nagari Pakan RabaaTimur, Kecamatan Koto  Parik Gadang Diateh, Solok Sekatan (Sumbar), ada sekitar 35 KK yang tidak terdaftar, dan akan diusulkan mereka bisa juga menikmati BLT covid ini.

Hal ini disampaikan oleh Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril  dihadapan ratusan warga penerima dana BLT, saat pencairan  BLT Dana Desa (DD) didepan kantor wali, Kamis (4/6)

Dalam pencairan dana DD nagari itu, wali nagari juga didampingi Sekna, kepala jorong, Kapolsek KPGD, ketua Bamus dan panitia lainya.

Wali menambahkan, dirinya juga pernah mendapatkan sejumlah permasalahan terkait dana BLT yang KK nya bukan KK nagari, tetapi KK dan KTP masih diluar Nagari bahkan Solok Sekatan ( Padang red) itu juga kami tegaskan memang tidak bisa menerima BLT manapun, hanya saja nanti kami dari pihak nagari juga akan memberikan bantuan kepada 12 KK berupa sembako, dengan nilainya tentu tidak sama dengan bantuan BLT," tegas wali.

Dalam penyaluran bantuan ini, pihak nagari memang berdasarkan aturan dan protokol covid, bagi warga penerima BLT harus memakai masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Nasril didampingi Sekrestaeis nagari kepada Dutametro.com usai membuka acara pembagian BLT mengatakan. Sebanyak sepuluh 10 jorong akan menerima bantuan BLT dari Dana Desa (DD) dengan umlah penerima BLT Kabupaten untuk Nagari Pakan Rabaa Timur berjumlah 384 KK ditemukan KK ganda sebanyak 27 KK, sehingga dibayarkan sebanyak 357 KK, dengan data susulan sebanysk 27 KK
dibayarkan langsung untuk tiga bulan April Mai Juni.

Jumlah KK dinagari ini sebanyak 1075 KK, sebanyak 679 KK sudah mendapatkan bantuan BLT mulai dari pusat, provinsi, kabupaten dan nagari ditambah penerima PKH, BPNT sebanyak 330 KK, total jumlah KK yang sudah mendapatkan BLT, PKH, BNPT sebanyak 1008 KK tinggal 66 KK yang tidak menerima dengan latar belakang PNS,BUMN, BUMD, tidak punya identitas.

Untuk pembagian Dana Desa DD bagi sepuluh kejorongan ini tital dana DD untuk dua bulan April Mei sebesar Rp 144 juta, sisanya dibulan Juni ini juga akan segera dicairkan.


Untuk dana desa sengaja nagari kami ini paling no pincit mencairkan karena dana desa ini merupakan langkah terakhir untuk menanggulangi kekurangan data warga yang tidak terdaftar, sehingga tidak timbul permasalahan dalam bantuan sosial ini.

"Pembagian BLT Nagari Pakan Rabaa Timur ini langsung dikawal oleh pihak kepolisian dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan TKSK dan PSM nagari," tuturnya.

Jika ditemukan KK dempet menerima BLT atau BNPT,pihak nagari akan menemui dan mendata warga yang mendapat bantuan ganda, mereka juga dusarankan memilih dua dianrata satu dari pada nanti bermasalah.

"Pada intinya dalam kondisi seperti ini pihak nagari selalu berpihak kepada warganya, artinya penyaluran bantuan BLT sudah mendekat seratus persen, diluar PNS, BUMD dan lainya," tutup Nasril.Met


Post a Comment

0 Comments