Ticker

6/recent/ticker-posts

Sensus Penduduk Online Kota Padang Melebihi Target



Padang -dutametro.com– Selain berefek negatif bagi seluruh sektor kehidupan, ternyata pandemi virus corona justru juga membawa berkah. Buktinya, selama masa pandemi, angka capaian target Sensus Penduduk (SP) Online di Kota Padang mampu melebihi target.

Hal ini terungkap saat Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang, Alfianto, melaporkan hasil capaian SP Online kepada Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di Rumah Dinasnya, Rabu (3/6/2020).

“Target kita awalnya dapat menyasar 53.245 kepala keluarga (KK), dalam pelaksanaannya, alhamdulillah dapat melebihi target semula. Sebanyak 61.573 KK sudah melaporkan data diri mereka. Artinya, realisasi mencapai 115,64 persen,” jelas Alfianto.

Pengisian SP Online dapat dilakukan di rumah masing-masing. Pengisian data menggunakan laptop maupun handphone. Sejak virus corona melanda, aktifitas masyarakat lebih banyak di rumah. Hal inilah yang menjadi salah satu penyumbang naiknya angka capaian target sensus kali ini.

Data kenaikan capaian target didapatkan BPS Kota Padang saat penutupan SP Online Badunsanak pada 29 Mei 2020 kemarin. Alfianto mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada seluruh masyarakat Kota Padang yang telah berpartisipasi aktif.

“Termasuk kepada Pemerintah Kota Padang yang telah banyak membantu,” ungkapnya.

Setelah ini, BPS Kota Padang akan mendata masyarakat yang belum melakukan SP Online. BPS menurunkan personilnya pada September nanti.

“Ada sekitar 75 persen masyarakat yang belum terdata, September nanti Petugas Sensus akan melakukan sensus wawancara melalui RT dan RW,” tukuk Alfianto.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menyampaikan apresiasi atas capaian ini. Menurut Mahyeldi, BPS Kota Padang telah sukses melaksanakan SP Online Badunsanak dengan baik.

“Kita harus mampu menyukseskannya (SP Online), kita perlu dorong masyarakat untuk berperan aktif,” tutur Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Kominfo Rudy Rinaldy, Kabid IKPSP Marwansyah, serta Kasi IKP Charlie Ch. Legi.

Mahyeldi menekankan, data yang dihadirkan BPS dalam bentuk “Padang Dalam Angka” akan dapat mendukung pembangunan Kota Padang ke depan.

Sisi lain, pada SP Online itu, dari sebelas kecamatan di Kota Padang, Koto Tangah merupakan kecamatan yang paling tinggi capaian target. Sebanyak 21,14 persen warga di kecamatan itu telah mengisi datanya.(Adl/Charlie)

Post a Comment

0 Comments