Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengabdian Mahasiswa UNRI kepada Masyarakat Solok Selatan Bersama Lembaga YAKESMA



dutametro.com-Akibat pandemi covid-19, LPPM Universitas Negeri Riau (UNRI) membuka peluang bagi mahasiswa angkatan 2017 untuk mengikuti kukerta relawan covid-19 di kampung halaman masing-masing. Peluang ini tidak disia-siakan oleh tiga orang mahasiswa fakultas keperawatan unri yaitu Atika Putri Tamiya, Kurnia Utari, dan Almawaddah Rahmah.

“Saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan kukerta relawan covid-19 ini, karena menurut saya ini peluang yang bagus, apalagi dikerjakan di kampung halaman masing-masing dan bisa bekerjasama dengan lembaga sosial yang ikut serta dalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi covid-19”, ujar Atika sebagai ketua tim kukerta relawan.

Mahasiswa kukerta Unri tersebut menjalin kerjasama dengan Laznas Yakesma Sumbar, yang mana ini merupakan sebuah lembaga amil zakat yang juga terlibat dalam aksi sosial kepada masyarakat, khususnya yang ada di Kabupaten Solok Selatan.

Beberapa kepala keluarga di kabupaten tersebut mengeluhkan jatuhnya perekonomian karena diberlakukannya #dirumahaja oleh pemerintah, akibatnya masyarakat yang khususnya menengah kebawah merasakan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarga. Maka lembaga Yakesma membuat program pembagian sembako yang dibantu tim kukerta relawan Unri.

Tambahan dari Utari, “Sebenarnya program kegiatan kukerta ini tidak hanya pembagian sembako saja, ada penyemprotan desinfektan ke mesjid-mesjid, pembagian masker, pembagian donasi dan zakat fitrah di bulan Ramadhan, serta penempelan brosur tentang edukasi Covid-19 di tempat-tempat umum seperti warung, mesjid, dan pasar”.

Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut tim kukerta dan lembaga mengharapkan masyarakat dapat terbantu serta bisa mendukung program pencegahan pandemi covid-19.

“Saya dan tim berharap pandemi ini cepat berakhir agar kegiatan masyarakat kembali normal, serta perekonomian Indonesia kembali membaik”, tutup Almawaddah.

Post a Comment

0 Comments