Ticker

6/recent/ticker-posts

Kota Padang beruntung Punya Labor Unand



Padang .-dutametro.com– Kota Padang tidak saja diuntungkan sebagai ibukota provinsi. Akan tetapi juga diuntungkan di masa pandemi Covid-19. Keberadaan laboratorium Universitas Andalas dalam menguji sampel pasien terpapar virus corona memudahkan Pemerintah Kota Padang melacak mata rantai virus tersebut.

“Kita bersyukur ada Fakultas Kedokteran Unand dengan laboratoriumnya,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid, Sabtu (6/6/2020).

Laboratorium Unand mampu menguji sampel pasien hingga ribuan banyaknya dalam sehari. Bahkan sampel tersebut dapat terlacak dalam hari itu juga.

“Bisa sekitar 2000 hingga 2500 sampel dalam sehari,” ujar Kadiskes.

Berkat itu semua, pasien terpapar dapat segera terlacak. Pihak Dinas Kesehatan pun menjadi mudah dalam melakukan tracking kepada pasien. Tak heran jika dalam sehari terus terjadi penambahan pasien terpapar virus.

“Karena kita langsung tracking, ini bagus untuk memutus mata rantai,” tukas Feri Mulyani Hamid.

Keberadaan Laboratorium tersebut tak bisa dilepaskan dari sosok Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Dr. dr Andani Eka Putra. Kehadiran laboratorium ini tak terlepas dari obsesi Andani yang ingin mengembangkan dan memberikan pelayanan terhadap diagnostik penyakit infeksi yang bisa digunakan masyarakat.

Laboratorium tersebut telah memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai mulai dari dua mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), elisa reader, winston blood, dan sekat inkubator. Keberadaan laboratorium tersebut membuktikan masyarakat perguruan tinggi juga bisa berkontribusi, membantu masyarakat.(**)

Post a Comment

0 Comments