Ticker

6/recent/ticker-posts

Sholat Id di Desa Sikakap, Jamaah di Wajibkan ikuti Protokol Kesehatan



Sikakap--dutametro.com-Sebelum melaksanakan shalat id atau shalat idul Fitri satgas Covid 19 Kecamatan Sikakap terlebih dahulu melakukan penyemprotan cairan desinfektan disetiap mesjid atau mushalla yang akan digunakan tempat pelaksanaan shalat id atau shalat idul Fitri, selain itu bagi peserta shalat id atau shalat idul Fitri diwajibakan pakai masker, diperiksa suhu tubuhnya, cuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak waktu pelaksanaan shalat id atau shalat idul Fitri.

Pelaksanaan shalat id atau shalat idul Fitri di Desa Sikakap, Kecamatan Sikakap dilaksanakan didalam 4 Mesjid dan 1 musholla, dalam pelaksanaan shalat id atau shalat idul dikawal langsung oleh tim satgas Covid 19 Kecamatan Sikakap.

Terdiri dari Pemerintah Kecamatan Sikakap,Anggota Polsek Sikakap, Koramil Sikakap, Kamla Sikakap, Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Sikakap, Satpol PP Sikakap, Puskesmas Sikakap, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Sikakap.


"Sebelum melaksanakan shalat id atau shalat idul Fitri seluruh peserta shalat diperiksa suhu tubuh, diwajibkan cuci tangan dengan sabun di air mengalir, pakai masker, dan jaga jarak waktu pelaksanaan shalat id atau shalat idul fitri"kata Fransiskus Sakaletuk, ketua Satgas Covid 19 Kecamatan Sikakap, Minggu 24 Mei.

Fransiskus Sakaletuk, menyebutkan, mengukur suhu tubuh tujuannya untuk mengetahui suhu tubuh peserta shalat id.

Bagi suhu tubuh diatas 37 derajat Celcius disuruh mendinginkan badan dulu, setelah suhu tubuhnya dibawah 37 derejat Celcius barulah diperbolehkan masuk Mesjid untuk melaksanakan shalat id.

"Hal ini untuk pencegahan penularan Covid 19 di Kecamatan Sikakap, agar virus Covid 19 tidak masuk di Pagai Utara Selatan dibutuhkan sekali kerjasama semua pihak termasuk juga masyarakat nya,"katanya.

Budi Wiharjo, ketua Badan Syiar Islam (BSI) Pagai Utara Selatan, mengatakan, sesuai dengan instruksi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat daerah yang statusnya Jona hijau Covid 19 diperbolehkan untuk melaksanakan shalat id.

Sesuai dengan instruksi tersebut maka kita melakukan kordinasi dengan Tim Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid 19 Kecamatan Sikakap untuk diijinkan melaksanakan shalat id.

"Setelah berkordinasi maka Tim Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid 19 Kecamatan Sikakap menganjurkan setiap mesjid yang dipakai shalat id harus menyediakan tempat cuci tangan lengkap sabunnya, diukur suhu tubuh bagi peserta sholat id, pakai masker, dan jaga jarak waktu pelaksanaan shalat id"katanya.

Hendra Tamar, salah seorang peserta shalat id, mengatakan, "Alhamdulillah Idul Fitri kita umat muslim diperbolehkan untuk melaksanakan sholat id walaupun ada aturan-aturan yang harus dipenuhi, sebab aturan itu semuanya untuk kita juga supaya virus Covid 19 tidak menyebarkan kepada kita,"katanya.Sholat Id

Post a Comment

0 Comments