Ticker

6/recent/ticker-posts

Plt Bupati Abdul Rahman,OPD Pulang Dari Zona Merah Wajib Uji SWAB


Plt Bupati Solok Selatan Abdul Rahman

Solsel. dutametro com--- Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk staf yang pulang dari daerah zona merah, diintruksikan harus diambil sampel swabnya untuk dikirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand), Padang.

Pengambilan sampel swab tersebut, sebagai bentuk dalam memberikan kepastian aman kepada Pemkab Solok Selatan (Solsel), bahwa pejabat daerah setempat betul-betul aman dari tularan kasus covid 19.

"Bagi pejabat daerah dan staf yang lebaran Idul Fitri atau yang baru pulang dari daerah pandemi atau zona merah. Harus dilakukan uji swab. Kebijakan ini dalam memastikan pejabat daerah dan staf aman dari tukaran kasus virus corona," tegas Plt Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman, Kamis (28/5) di Padang Aro.

Sejumlah kepala OPD yang lebaran bersama keluarga, seperti Kota Padang, di Pesisir Selatan, Pariaman dan lainnya.

Tanpa uji swab, maka memasuki new normal. Maka akan memberikan keraguan kepada daerah. Terkait kepastian aman dari wabah corona.

"Pejabat harus patuh dalam penanganan dan pencegahan penyebaran covid 19. Maka kita intruksikan Dinas Kesehatan Solsel untuk segera lakukan uji swab," bebernya.


Abdul Rahman mengatakan, daerah meski harus gencar melakukan pool swab sebanyak-banyak sesuai intruksi Gubernur Sumbar. Dengan diambilnya sampel kepala dinas, artinya bisa sebagai jembatan menuju daerah tatanan baru di Solsel.

"Keluar atau tidaknya pejabat daerah, namun Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan covid meski harus dilaksanakan dengan baik. Mana tau daya tahan tubuhnya tinggi, tapi berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG)," katanya.

"Oleh karena itu, perlu adanya kepastian para pejabat daerah yang lebaran di daerah zona merah," papar Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan, Novirman menjelaskan, jika sudah diintruksikan oleh Plt Bupati Solsel, maka pihaknya akan mengambil sampel swab pejabat daerah termasuk staf yang baru pulang dari daerah zona merah.

"Kalau sudah ada intruksi, maka kita akan laksanakan tes swab," ujarnya.

Diakuinya, ada beberapa orang kepala OPD yang pulang ke Padang, Pesisir Selatan, Pariaman dan lainnya jelang Idul Fitri 1441 hijriyah.

Termasuk staf yang juga pulang ke daerah zona merah lainnya, dan ini meski dicermati oleh daerah.

"Ketika imun atau kekebalan tubuh mereka tinggi, maka tidak akan mudah terinfeksi virus corona. Sama dengan pasien DA yang sudah sembuh dari covid 19, uji swab ini bahkan dianjurkan dilakukan sebanyak-banyaknya oleh Pemprov Sumbar (pool swab)," jelasnya.

Kalau sudah diperintahkan oleh pimpinan, tentu saja pihak dinas kesehatan akan melakukan uji swab.

"Saat ini kita menunggu intruksi untuk pelaksanaan swab tersebut," paparnya. (Met)




Post a Comment

0 Comments