Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa Kimia FMIPA Unand , KKN Tematik Tanggap Covid-19




Padang -dutametro.com- Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat 20-an orang mahasiswa dari Jurusan Kimia FMIPA Unand untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat dengan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di sejumlah daerah Sumatera Barat, Riau, Batam, Sumut dan Sumsel.

Dijelaskan Dekan FMIPA Unand Prof. Dr. Safni, kegiatan KKN Tematik tersebut merupakan wujud dukungan perguruan tinggi terhadap pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19 di masyarakat.

"Kita harapkan kegiatan mahasiswa ini diharapkan mampu mengedukasi dan membantu masyarakat dalam menanggulangi Covid-19", ujarnya.

Ditambahkan Wakil Dekan I FMIPA Dr. techn. Marzuki, untuk pendaftaran KKN tematik Pencegahan Covid-19 Fakultas MIPA telah dilaksanakan sejak dari tanggal 18- 29 April 2020.



"Dalam pelaksanakan kegiatan dilakukan selama 30 hari dalam rentang waktu 30 April sampai 30 Juni 2020", ujarnya.

Sementara Imelda, M.Si selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan, kegiatan difokuskan pada upaya yang mendukung penanggulangan covid-19 secara daring melalui media sosial Whatsapp, Instagram dan Blogspot.

Selain itu, lanjut Imelda mahasiswa juga melakukan kegiatan lapangan dengan berpartisipasi aktif di daerah domisili masing-masing yang pelaksanaannya tentu saja sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Imelda menjelaskan, program online yang telah dilaksanakan mahasiswa yaitu memberikan informasi melalui media sosial terkait virus corona dan edukasi dalam pencegahan seperti social distancing, penggunakan masker, kegiatan produktif yang bisa dilakukan dirumah serta solusi pencegahan dan pengobatan ditinjau dari segi kesehatan maupun agama.

Kegiatan juga dilakukan secara daring seperti pembuatan video praktikum kimia sederhana, yaitu menggunakan bahan-bahan disekitar yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi pembelajaran online terutama untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Sedangkan untuk kegiatan lapangan, lanjut Imelda mahasiswa berpartisipasi sebagai relawan di stand pengawasan arus lalu lintas di perbatasan ikut melakukan pemeriksaan suhu tubuh, memastikan pengendara menggunakan masker dan penyemprotan disinfektan kepada kendaraan.

Mahasiswa tersebut juga ikut membantu di dinas kesehatan dengan membuat surat pengiriman spesimen PCR Covid ke laboratorium Unand dan merekap data hasil PCR untuk wilayah kota Padang.

Sementara di kelurahan dan nagari kegiatan mahasiswa adalah membantu aparat nagari/kelurahan dalam mendata masyarakat penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan kemudian ikut membantu mendistribusikan uang, sembako, masker serta selebaran tentang protokol kesehatan covid-19 kepada masyarakat sekitar.

"Ada juga program penggalangan dana melalui media sosial. Dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak covid", katanya.

Dikawasan daerah hijau untuk kasus Covid-19 dimana masih melaksanakan kegiatan sholat berjamaah. Dengan inisiatif sendiri beberapa mahasiswa juga menyediakan takjil bagi yang berpuasa

Terakhir ada juga kegiatan pembuatan cairan desinfektan yang bekerja sama dengan mahasiswa jurusan biologi dan matematika. Cairan disinfektan disumbangkan ke mesjid-mesjid dan mushalla. (Md/Unand)

Post a Comment

0 Comments