Ticker

6/recent/ticker-posts

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Minta Walikota/Bupati Evaluasi Pelaksanaan PSBB Jilid Tiga



Padang Panjang, dutametro.com - Semenjak pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat, Gubernur Irwan Prayitno dengan Bupati dan Walikota selalu melakukan rapat melalui Vidcon ( Video Conperence).

Selasa siang, (26/5), Gubernur Sumbar Prof. Dr. Irwan Prayitno S.Psi, M.Sc didampingi Wakil Gubernur Drs. Nasrul Abit menggelar Video Conference bersama Bupati/Walikota se Sumbar, membahas penerapan new normal.

Vidcon tersebut membahas tentang pasca menjelang berakhirnya PSBB jilid tiga pada 29 Mei 2020 mendatang.


Dalam arahannya, Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan kepada seluruh Walikota/Bupati untuk dapat memikirkan dan mengevaluasi bagaimana kelanjutan untuk pemberlakuan PSBB di Sumbar tepatnya di daerah masing-masing.

"Jika kita lihat kondisi saat ini, dapat kita informasikan bahwa untuk kasus positif covid-19 di Sumbar berjumlah sekitar 510, kondisi ini kita perhatikan mulai membaik dikarenakan tidak banyaknya lagi bahkan tidak ada penambahan di masing-masing kabupaten/kota sejak beberapa hari terakhir," jelas Gubernur.

Lanjut, pihaknya menegaskan terkait perpanjangan maupun tidak diberlakukannya PSBB akan diputuskan di vidcon selanjutnya yakni pada Kamis depan (28/5). Ia juga menambahkan keberhasilan pemberlakuan PSBB dikarenakan ikut andilnya TNI/Polri didalamnya, karena hanya empat daerah yang TNI/Polri bergabung diantaranya Gorontalo, Sumbar, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

Sementara itu, Walikota Padang Panjang Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano didampingi Wakil Walikota Drs. Asrul dan Sekretaris Daerah Sonny Budaya Putra, AP, M.Si menyampaikan, bahwa sebanyak 25 kasus positif yang ada di Padang Panjang sudah sembuh 21 orang. Ada 4 orang lagi yang sedang menjalani perawatan. Hal ini bisa terjadi  tidak lepas dari peran masyarakat yang taat akan himbauan dan pemberlakukan PSBB yang ada.

"Kami rasa jika masyarakat patuh dan taat akan himbauan PSBB ini, maka Sumatera Barat akan bisa menekan penyebaran covid-19. Karena itu kami meminta kesadaran masyarakat, khususnya di Padang Panjang, hendaklah  benar benar dari hati untuk mematuhi aturan terkait PSBB.  Seperti menyadari  pentingnya memakai masker, dan membiasakan mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak aman serta menghindari kontak fisik dan hal lainnya," jelas Wako Fadly.

Gubernur pada kesempatan itu, juga mengapresiasi sejumlah kabupaten/kota yang dalam seminggu belakang tidak ada di daerah itu penambahan pasien Covid positif. (**)

Post a Comment

0 Comments