Ticker

6/recent/ticker-posts

SMA dan SMK Semen Padang Lagi Membanggakan di SNMPTN




dutametro.com. SMA dan SMK Semen Padang, bagian Semen Padang Schools yaitu sekolah yang dikelola oleh Yayasan Igasar Semen Padang. Sekolah ini telah banyak melahirkan lulusan yang kualifait. Tak dapat dipungkiri, kedua 2 sekolah termasuk sekolah swasta yang diperhitungkan di Kota Padang dengan rekam jejak yang mumpuni.

SMA dan SMK Semen Padang telah ter Akreditasi A. Beralamat di Social Center PT Semen Padang. Memiliki fasilitas lengkap dan memadai yang ditunjang Tenaga Pendidik profesional, sehingga mampu berkembang dan bersaing dengan sekolah swasta dan negeri sejenis yang ada di Kota Padang. Sekarang, SMA Semen Padang dipimpin Drs. Mawardi, M.Pd. selaku Kepala Sekolah dan Gusriadi, S.Pd., MM. sebagai Kepala Sekolah di SMK Semen Padang.

Di tahun 2020 ini, SMA dan SMK Semen Padang kembali melanjutkan trend positif sebagaimana tahun 2019. Peserta Didik Kelas XII mendulang prestasi yang membanggakan. Kebanggaan yang tidak hanya dirasakan oleh Peserta Didik, juga berimbas kepada Sekolah, YISP, PTSP dan tentunya orang tua pesdik itu sendiri serta alumni dan stokholder lainnya. Bagaimana tidak, dari Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 melalui Jalur SNMPTN, yang dulunya populer dengan istilah Mahasiswa Undangan, telah banyak Peserta Didik SMA dan SMK diterima Perguruan Tinggi, yang tersebar tidak hanya di Kota Padang saja, melainkan merambah keluar Provinsi Sumatera Barat.

Saat media dutametro.com menyambangi Pak Nofriadi selaku Humas Yayasan Yayasan Igasar Semen Padang, diperoleh keterangan dan data yang sahih yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. "Alhamdulillah, kita mengucapkan selamat kepada kedua sekolah milik Yayasan atas pencapaian yang diatas target. Ada peningkatan signifikan yang diraih. Persyaratan yang ditetapkan oleh LTMPT, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, sekolah yang Terakreditasi A berhak mengikutsertakan sebanyak 40% dari total Pesdik Kelas XII. Peluang itu ternyata dapat dimaksimalkan sekolah".

*Untuk SMK Semen Padang*, dengan Akreditasi A, memiliki Pesdik Kelas XII dengan jumlah total sebanyak 82 orang, yang terbagi kepada 2 jurusan, dengan sebaran 60 orang Jurusan Mesin dan 22 orang Jurusan Elektronika Industri, maka Pesdik Jurusan Mesin yang berhak ikut sebanyak 40%x 60=24 orang, sementara yang di Jurusan Elektronika Industri sebanyak 40%x 22=9’orang. *Total ikut seleksi SNMPTN adalah 24+9=33 orang. Dan lulus sebanyak 6 orang dengan Persentase keberhasilan 6/33x100%= 18,18%*"
Disamping SNMPTN, telah diumumkan pula *Pesdik yang lulus SNMPN, Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri. Di jalur ini, dari 41 orang Pesdik SMK yang ikut serta, berhasil lulus sebanyak 8 orang. Persentase keberhasilannya adalah 8/41x100%=19,51%*.
*Total Pesdik SMK Semen Padang yang telah berhasil masuk Perguruan Tinggi Negeri di Tahun 2020 ini yaitu : 6+8=14 orang*.
Berdasarkan data terkini dari MGBK, Musyawarah Guru Bimbingan Konseling Kota Padang, untuk SMK Negeri dan Swasta se Kota Padang, SMK Semen Padang menduduki Peringkat 1 lulus terbanyak melalui Jalur SNMPTN dan SNMPN. Bagi kita di Yayasan tentunya tidak hanya sekedar itu. Sebagai sekolah yang lulusannya diharapkan mampu berkiprah di Dunia Industri dan Dunia Usaha, tentunya yang diterima bekerja juga mencapai persentase yang besar.

Sekarang kita melihat pencapaian *SMA Semen Padang*. Dari sisi ketentuan yang dikeluarkan LTMPT, tidak ada bedanya dengan SMK. Akreditasi sekolah tetap menjadi acuan jumlah Pesdik yang bisa ikut seleksi.
SMA Semen Padang yang terakreditasi A, menempakan 40% dari total Peserta didik sebanyak 116 orang bisa mengikuti seleksi, yang terbagi atas 77 orang jurusan IPA dan 39 orang jurusan IPS. Berdasarkan jurusan, maka Pesdik yang bisa ikut masing2nya adalah : IPA 40%x77=31 orang dan IPS 40%x39=16 orang. *Total ikut seleksi : 31+16=47 orang. Ketercapaian SMA Semen Padang lulus di SNMPTN adalah sebesar 31 orang, dengan prosentase keberhasilannya : 31/47x100%=65,96%*
Selain di SNMPTN, yang *lulus pada Jalur SNMPN, dari 47 orang yang ikut, 7 orang telah dinyatakan diterima. Prosentase keberhasilannya 7/47x100%=14,89%*
*Total jumlah Pesdik SMA Semen Padang yang telah menapakkan kakinya di Perguruan Tinggi Tahun 2020 ini adalah sebanyak 31+7=38 orang*.

Untuk melihat pencapaian keberhasilan di level SMA Negeri dan Swasta Kota Padang, belum diperoleh data yang pasti. Tapi, satu hal yang harus kita ingat, *membandingkan tingkat keberhasilan suatu Sekolah yang Pesdiknya diterima melalui jalur SNMPTN, jangan hanya berdasarkan jumlah yang lulus karena sudah pasti angkanya akan berbeda disetiap sekolah dan kita akan terjebak dengan statement yang banyak itu adalah yang terbaik*. Diakui, bukan tidak mungkin ada yang lebih banyak dibanding SMA Semen Padang, seperti SMA Negeri contohnya. Semakin banyak jumlah Pesdik Kelas XII di suatu SMA, maka akan semakin banyak pula jumlah Pesdiknya yang bisa ikut seleksi, apalagi sekolah tersebut Terakreditasi A. *Menghitung tingkat keberhasilan sebuah SMA di Jalur SNMPTN, seharusnya tidak berdasarkan jumlah yang berhasil lulus. Melainkan dilihat dari prosentase quota yang didasari Akreditasi. Jumlah Pesdik lulus dibagi dengan jumlah Pesdik lolos seleksi, kemudian dikali dengan angka 100%, hasilnya adalah prosentase ketercapaian, prosentase keberhasilan. Hasilnya itulah bukti kualitas dari sekolah yang bersangkutan*.
*Rumus sederhananya adalah : jumlah lulus/jumlah peserta seleksi x 100% = % keberhasilan*.

Diakhir penjelasannya, Pak Nof sekali lagi menyampaikan selamat atas keberhasilan SMK dan SMA Semen Padang dan *akankah keberhasilan SMK dan SMA akan bisa diungkap bukan berdasarkan jumlah yang lulus melainkan berdasarkan perhitungan prosentase keberhasilan bisa dipublikasikan?*, wallahu alam bissawab... itu bukan wewenang saya, terang Pak Nof. (mairizal)


Post a Comment

0 Comments