Ticker

6/recent/ticker-posts

Irwan Prayitno:7 program Bantuan Untuk Masyarakat Sumbar

Sumbar,dutametro.com.Ada beberapa Program yang sudah dan yang  baru yang di berikan kepada warga sumbar, kata Gubernur sumbar Irwan Prayitno kemarin .

Adapun Program Program tersebut adalah :
Pertama program PKH (program keluarga harapan). Jumlah penerima PKH Sumbar ada 178.754 KK.

Kedua, program sembako yang seluruh Sumbar penerimanya sebanyak 245.870 KK.

“Program PKH dan sembako sudah berjalan selama ini. Masyarakat yang ada dalam dua program ini tetap dapat bantuan. Tetapi tidak boleh dimasukkan lagi ke program bantuan yang lain, yang baru,” Irwan Prayitno mengingatkan.

Program ketiga, dari pusat berupa Kartu Prakerja. Program ini ditujukan bagi warga Sumbar yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan tersebab pandemi Covid-19. Sumbar dapat kuota Kartu Prakerja sebanyak 74.720 orang.

“Sudah belasan ribu yang mendaftar secara online. Silakan mengisi formulir dan penuhi syaratnya secara online,” kata Irwan Prayitno.

Program bantuan sosial keempat, merupakan program Kementrian Sosial. Sumbar dapat untuk 250.000 KK. Bantuan berupa dana Rp 600.000 per KK per bulan. Diberikan untuk 3 bulan. Data untuk program ini diambil dari DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial).

Program Kementrian Desa, sebagai program kelima, Sumbar mendapat bantuan untuk 162.000 KK. Sumber dananya dari uang desa

Pemprov Sumbar, program keenam, telah menyiapkan anggaran bantuan langsung tunai dari APBD 2020 sebesar Rp 600.000 per KK per bulan untuk bantuan selama 3 bulan.

Program ketujuh, berupa Pemda kota dan kabupaten dalam bentuk sembako. Ada yang berasal dari provinsi dan kota kabupaten sendiri,” kata Irwan Prayitno.

Dengan program tersebut kata Gubernur, jika ditotalkan dari penduduk Sumbar yang jumlahnya 1.619.000 KK, diperkirakan bisa dicover, diberi bantuan sebanyak 1,3 juta KK penduduk Sumbar.

Post a Comment

0 Comments