DIBUTUHKAN:
Kami perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan
media koran dan media online, membutuhkan
Biro untuk perwakilan di kabupaten / kota di seluruh
indonesia. Jika anda berminat hubungi:
MAIRIZAL: 081364368669 (whastapp)
SUCI MARTIA: 082170567303


PADANG - dutametro.com. Di tengah pandemi virus corona atau covid-19 yang tengah mewabah, kabar gembira diterima Kota Padang dengan berhasil meraih Terbaik 3 Perencanaan dan Kinerja Pembangunan Nasional 2020, setelah semarang terbaik 1 dan Jogja terbaik 2.

Penghargaan itu pun diterima langsung Wali Kota Padang Mahyeldi pada momen penganugerahan di dalam kegiatan pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 lewat video conference, Kamis (30/4/2020).




Musrenbang lewat jarak jauh itu dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo langsung dari Istana Negara. Juga diikuti Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa serta sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat di Pusat lainnya. 

Wali Kota Padang Mahyeldi usai penganugerahan penghargaan mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Padang tentu sangat bersyukur Pemko Padang bisa menerima penghargaan istimewa dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian PPN/Bappenas.

"Alhamdulillah, kita diberikan apresiasi dalam bentuk Anugerah Pangripta Nusantara (APN) atau Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) untuk Pemerintah Daerah, baik Provinsi, Kabupaten, dan Kota yang telah menunjukkan kinerja dengan baik dalam bidang perencanaan pembangunan. Selaku mewakili Provinsi Sumatera Barat, kita sukses meraih terbaik 3 dari seluruh kota/kota se-Indonesia," ungkap wali kota itu terlihat bahagia diwajahnya didampingi Kepala Bappeda Medi Iswandi dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis.




Pemimpin yang dikenal dengan slogan dekat dan melayani itu menyebut, berkat prestasi ini selain menerima piala dan piagam, Pemko Padang juga diberikan insentif dalam bentuk Insentif Fiskal dan peningkatan SDM aparatur daerah. 

Dijelaskannya, Insentif fiskal yang cukup besar diberikan melalui pemberian Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp9 Miliar. Sementara Insentif lain diberikan dalam bentuk peningkatan kapasitas aparatur daerah. Yaitu berupa pendidikan dan pelatihan bagi aparatur daerah, baik dalam dan luar negeri yang akan dilakukan oleh Kementerian PPN/Bappenas.

"Maka itu insya Allah, sesuai arahan bapak Presiden  perencanaan pembangunan Kota Padang di 2021 akan ditekankan kepada 'recovery' dampak covid-19. Apakah sekaitan dampak terhadap perekonomian atau pun dampak-dampak lainnya termasuk dalam penguatan kesehatan. Sekaligus kita juga akan memperkuat sektor-sektor yang terdampak serius dari pandemi wabah tersebut," pungkasnya menjelaskan.

Sementara itu Presiden Joko Widodo sewaktu membuka Musrenbangnas ikut memberikan ucapan selamat dan apresiasi kepada masing-masing Pemerintah Daerah Terbaik Perencanaan dan Kinerja Pembangunan Nasional 2020. Baik tingkat provinsi, kabupaten atau kota.

"Saya harapkan prestasi itu dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan hingga masa-masa yang akan datang," imbuhnya.

Selanjutnya terkait pelaksanaan Musrenbangnas 2020 RKPD 2021, Jokowi pun mengarahkan pembangunan untuk mempercepat ekonomi dan reformasi sosial dengan fokus pembangunan pemulihan industri, pariwisata dan investasi, reformasi sistem kesehatan nasional, reformasi sistem jaring pengaman sosial, dan reformasi sistem ketahanan bencana.

"Pandemi COVID-19 telah berdampak pada ekonomi nasional dan pada pelaksanaan RPJMN di 2020. Sebab ada pengalihan pembangunan ekonomi, sehingga penting mempertimbangkan Covid-19 dalam menyusun kerangka ekonomi makro ke depan," ucap Presiden.

Kemudian Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa juga mengatakan, dalam pelaksanaan PPD ini penilaian dilakukan dengan menggunakan 4 (empat) aspek. Pertama proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah (RKPD), kedua kualitas dokumen RKPD, ketiga Aspek inovasi, dan keempat Pencapaian pembangunan.

"Cukup panjang dan ketat proses penilaian yang dilakukan oleh para dewan juri berkompeten dari Pemerintah Pusat. Setelah melalui semua tahapan penjurian, barulah hasil  daerah mana saja yang terbaik kita umumkan hari ini di tengah pembukaan Musrenbangnas," (**)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
Selamat datang di Website www.Dutametro.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Mairizal,SH