Ticker

6/recent/ticker-posts

Berbagi di Tengah Pandemi,Aksi Mulia Dua Bersaudara di Bulan Puasa

Padang Panjang, dutametro.com- Aneka sayur mayur, berbungkus plastik,  berjejer dan tergantung rapi di pagar terali besi, di salah satu rumah yang terletak di RT 22, Kelurahan Guguk Malintang.

Sebuah tulisan terpampang , "Silahkan Ambil Bagi Yang Suka", mengundang perhatian setiap orang yang melewatinya. Dijejer setiap pagi pukul 7.30 WIB, berbagai sayur mayur ludes, dalam tempo setengah jam.

Via Maghdalena (43) dan saudara perempuannya (40),  mereka lah pemilik rumah yang menginisiasi semangat  berbagi itu.  Saat ditemui pagi itu, Sabtu, (25/4), Via tengah pergi ke ladang di Andaleh.

Kominfo Padang Panjang mencoba mewawancarai adik perempuan Via. Namun perempuan berkerudung putih itu merasa enggan. Dia tidak mau menyebut namanya. Akhirnya, dengan sedikit membujuk, adik dari Via mau berbagi cerita.

Adik Via mengatakan, awalnya sebelum wabah corona, setiap panen, Via  selalu membungkus sejumlah sayur mayur dan membagikannya kepada jamaah  Masjid didekat rumah.

Namun sejak ada himbauan sholat di rumah, sayur mayur dibagikan  dengan digantung dipagar rumahnya. Mereka mempersilahkan siapa saja yang ingin mengambil.

Aksi berbagi itu ternyata menginspirasi tetangga dan teman- teman mereka. Teman dan tetangga, kemudian  turut berpartisipasi memberikan donasi baik uang tunai untuk dibelikan tambahan sayur mayur,  maupun membungkus dan menggantungkan langsung.

" Awalnya hanya 10 kg sayur mayur hasil dari ladang yang kita bagikan. Alhamdulillah, tetangga dan teman teman turut berpartisipasi. Sayur mayur yang kita bagikan bisa mencapai 25 Kg. Dari 20 kantong kini bisa mencapai 50 kantong, Kami hanya ingin berbagi," ungkap adik Via.

Adik Via menyampaikan bagi-bagi sayur mayur itu dilakukan hingga akhir puasa nanti. " Insya Allah hingga akhir puasa ini. Kita akan rutin melakukan bagi bagi sayur mayur ini," pungkasnya.(Hrs)

Post a Comment

0 Comments