Ticker

6/recent/ticker-posts

PTSEML Bangun GOR di Solsels


dutametro.com, (SOLOK SELATAN) - PT Supreme Energy Muara Laboh (PTSEML) membangun Gelanggang Olahraga (GOR) di bumi seribu rumah gadang Solsel. GOR itu akan diresmikan pada April 2020, berada di Pekonina, Nagari Alam Pauh Duo, menggunakan salah satu jenis rumput terbaik yang dikenal dengan Zoyzia Matrella (ZM) atau biasa disebut rumput Manila.

“Rumputnya sejenis ZM ini, sepengetahuan kami, baru pertama kalinya lapangan bola di Sumbar menggunakan rumput terbaik tersebut,”ujar Project Manager Pembangunan GOR PT SEML, Asharry Sofyan kepada Plt Bupati Solsel H Abdul Rahman ketikamelakukan peninjauan pekerjaan GOR yang akan dihibahkan kepada Pemkab, pekan lalu.

Dijelaskan Asharry, dari sepengetahuan kami, lapangan bola dengan jenis rumput ZM tersebut baru pertamakalinya ada di Sumatera Barat. Semenjak ditanam beberapa waktu lalu, dari saat ini hingga selama 3 (tiga) bulan ke depan, lapangan tersebut belum dapat digunakan. Hal ini untuk menjaga agar rumput tersebut tumbuh secara sempurna. Selain itu, drainase lapangan bola juga sudah disiapkan secara modern, dengan posisinya berada di bawah lapangan. Hal ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi genangan air di lapangan ketika terjadi hujan.

Asharry yang hadir bersama Field Relation Senior Manager PT SEML, Yulnofrins Napilus, menjelaskan bahwa pembangunan GOR dan juga lapangan bola yang menghabiskan dana hingga Rp30 miliar lebih tersebut ditargetkan tuntas akhir Maret ini. “Akhir Maret ini pengerjaan akan tuntas, mudah-mudahan awal April nanti bisa diresmikan pemakaiannya,” ungkapnya.

Pembangunan GOR tertutup dengan luasan 34 x 24 meter serta lapangan bola didesign pada tahun 2018 silam. Dimana sesuai pesan Founder dan Chairman Supreme Energy, Supramu Santosa, GOR tersebut diberi nama “Gelora Energy”. Hal ini dimaksudkan untuk membangkitkan energi terutama para millenial di Solsel. “GOR Gelora Energi diharapkan menjadi pusat olahraga para millenial dan memotivasi mereka untuk bangkit energinya membangun kabupaten ini kedepan,”ujar Supramu yang dikutip dari Nofrins.

Sementara itu, Plt Bupati Solsel H Abdul Rahman menyebutkan, bahwa GOR yang nantinya dihibahkan oleh Supreme Energy tersebut betul-betul sebuah berkah bagi masyarakat kabupaten ini. Di mana GOR tersebut berada di daerah yang berhawa sejuk dengan view (pemandangan) yang sangat indah. “Alhamdulillah luar biasa berkahnya keberadaan GOR ini untuk Solsel, semoga apa yang dicita-citakan oleh pendirinya akan mampu terwujud,”katanya.

Untuk itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait agar pengelolaan GOR tersebut dapat berjalan dengan baik. Bahkan dia bersedia untuk turut langsung dalam pengawasan pengelolaan GOR nantinya. “Saya akan setiap saat melakukan pengawasan langsung operasional GOR ini nantinya, terutama terkait kebersihan lingkungannya. Ini sudah menjadi tanggungjawab kita semua untuk merawatnya apabila telah dihibahkan,”jelasnya.

Apabila serah terima telah dilakukan nantinya, Pemkab juga akan menginvetarisir apa-apa saja yang perlu dianggarkan nantinya melalui APBD untuk melengkapi fasilitas di lokasi kawasan GOR Gelora Energy itu. “Apabila sudah dihibahkan, menjadi tanggung jawab kita bersama, tentunya Pemkab akan melakukan inventarisasi, untuk selanjutnya akan dibangun fasilitas untuk melengkapi menjadi sebuah GOR,” ujarnya.

Dikutip dari berbagai sumber, rumput Zoyzia Matrella merupakan jenis rumput yang paling baik digunakan di lapangan sepakbola. Rumput ini memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga memudahkan untuk bola bergulir dengan lancar. Zoysia Matrella menjadi rumput yang direkomendasikan oleh FIFA untuk digunakan sebagai rumput di lapangan sepakbola, terutama untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia. (hms

Post a Comment

0 Comments