Ticker

6/recent/ticker-posts

Ketua BK Sijunjung Mukhlis,Dari Pengakuan Video Dan Foto Si Pelaku

DUTAMETRO.COM.SIJUNJUNG
- Dengan beredarnya berita kencan oknum anggota DPRD Kabupaten Sijunjung di sebuah hotel, membuat Ranah Lansek Maniah tersebut sedikit gaduh. Sehingga LKAAM Sijunjung sebagai lembaga Niniak Mamak, menyikapi dengan arif, sembari melayangkan surat ke Badan Kehormatan. Termasuk dengan banyaknya publikasi maupun suara netizen di media sosial, akhirnya Badan Kehormatan (BK) DPRD Sijunjung menggelar jumpa pers.

Ketua BK Mukhlis, S.Hi menyampaikan, berdasarkan hasil pertemuan BK dengan yang bersangkutan, oknum anggota DPRD Sijunjung berinisial Ab, mengakui bahwa vidio dan foto yang beredar mirip dengannya, adalah benar gambarnya sendiri. “Vidio dan foto memang dirinya”,pengakuan Ab kepada BK seperti disampaikan Mukhlis.

Keterangan Mukhlis saat menggelar jumpa pers, Jumat (28/2/2020), menyebutkan, bahwa ia sudah bekerja dengan aturan kode ektik Kedewanan terkait kasus ini dan inisial A sudah ditanya terkait foto dan vidio yang beredar tersebut, membenarkan bahwa itu foto dirinya.Namun Mukhlis  menimpali, soal orang berpakaian di dalam kamar, kan tidak masalah. Pakai celana dalam atau lainnya kan di dalam kamar. Dan vidio itu hanya seorang diri. Namun ada foto berdua dengan wanita, seperti pengakuan ke ketua BK, Mukhlis tidak bisa menepis penjelasan rekan sejawatnya. Lebih jauh persoalan amoral yang terkait kepada oknum anggota Dewan Terhormat yang dilaporkan ke Badan Kehormatan (BK), niscaya BK akan dirapatkan lagi untuk pendalaman lebih lanjut. Ditanya soal sanksi, menurutnya ada empat sanksi pertama berupa teguran lisan, teguran tertulis atau pemberhentian alat kelengkapan DPRD dalam paripurna serta hasilnya disampaikan kepada yang bersangkutan.

Seperti diberitakan DUTAMETRO.COM kemarin bahwa LKAAM Sijunjung menyebut  anggota DPRD di Kabupaten Sijunjung membuat aib. Yakni seorang oknum anggota DPRD Kabupaten Sijunjung berinisial AB, beredar gambar dan vidionya di kamar sebuah hotel bersama seorang wanita. Dalam vidio tersebut AB berbaju kaos tapi cuma bercelana dalam (color). Di gambar lain terlihat  gambar berdua dengan wanita, menghadap kaca, tapi wanita tersebut sengaja memburamkan menutup wajahnya. Dan juga terlihat gambar tidur berdua bersebelahan, diduga perempuan tersebut sengaja memotret sendiri,sementara oknum anggota dewan tertidur pulas.

Menyikapoi fenomena berkembang, Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Sijunjung langsung menyurati DPRD Sijunjung tentang prilaku oknum Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung tersebut. “Ini merupakan Perbuatan Sumbang Salah (Undang Nan 20) dalam istilah adat Minangkabau yaitu ‘Takuruang Dibiliak Dalam’, atau dalam ungkapan adat ‘Tapasuntiang Dibungo Kambang’, sebut surat LKAAM beromor : 013/LKAAM-Sjj/II-2020 Muaro Sijunjung, 21 Pebruari 2020 Lampiran : 1 (satu) berkas : Pernyataan Sikap LKAAM Kabupaten Sijunjung, yang diteken langsung Ketua LKAAM Kabupaten Sijunjung H. Epiradisman. Dt Panduko Alam. SH dan sekretaris Saldi Nafri Bagindo Kayo, S.Ag, MA. Dinyatakan LKAAM Sijunjung, bahwa sikap yang diambil lembaga Ninikmamak ini sehubungan beredar berita oknum Anggota DPRD dalam Vidio dan Foto di hotel Olympic kamar 034 hari Rabu (12/2-2020).

 Sehingga Pengurus LKAAM Kabupaten Sijunjung melakukan rapat khusus Jum'at (21/2-2020) di Muaro Sijunjung, guna pendalaman kejadian terhadap perbuatan mesum oknum Anggota DPRD itu, Disarankan LKAAM, kepada oknum  DPRD berinisial Ab, agar bertobat kepada Allah, dan minta maaf kepada masyarakat yang memilihnya pada Pemilu 2019 di Dapil Sijunjung II (Kecamatan Koto VII dan Sumpur Kudus) dan lebih khusus terhadap kaum suku Petopang Kociak Koto Tuo Nagari Tanjung Kecamatan Kota VII serta masyarakat Kabupaten Sijunjung pada umumnya. Surat ini pun disampaikan ke BK DPRD dengan tembusan Bupati, KAN se-Kab.Sijunjung dan DPP/DPW/DPC PKB tempat yang bersangkutan asal partai. Karena telah tersiar di koran Rakyat Sumbar terbitan Jumat, 21/2 berjudul ‘Video Oknum Anggota DPRD Berbuat Tak senonoh Beredar’. Lalu di laman Media Sosial Pos Metro Padang Kamis, 20/2-2020 dengan judul ‘Foto Anggota DPRD Sijunjung Bersama Wanita Bersuami Beredar di Medsos’. (ys)

Post a Comment

0 Comments