Ticker

6/recent/ticker-posts

Terkadang keberhasilan Maupun Kegagalan Ditentukan Oleh Hal hal Kecil


oleh :
Bapak ,Dr. dwi Soecipto

Keterlambatan penyelesaian proyek dapat terjadi karena tidak tersedianya part-part kecil yang memiliki peran signifikan dan karena tingkat keakuratan dan presisinya menyebabkan tertundanya proyek secara keseluruhan. Begitu juga di hulu migas, yang tidak hanya membicarakan ketersediaan tetapi juga aspek yg lebih detail karena sektor ini menerapkan HSE pada level maksimum, sehingga memiliki standarisasi yang sangat ketat.

Untuk memastikan proses produksi dan aktivitas operasional pada lapangan eksisting berjalan normal serta penyelesaian proyek hulu migas sesuai jadwal, maka ketersediaan material dan efisiensi dalam penyediaannya adalah salah satu hal yang penting.

Di awal tahun 2020 (18/2/2020), SKK Migas dan KKKS  melangkah maju untuk mendukung pelaksanaan transformasi tersebut, SKK Migas dan KKKS melakukan kegiatan “Standardisasi Klasifikasi-Kodifikasi Material Persediaan KKKS” .

Saat ini Material Persediaan KKKS Produksi (87 KKKS) mencapai 1,6 Milyar US$ dan 30% diantaranya berstatus surplus dan deadstock. Melalui kegiatan standarisasi dan pada akhirnya dapat disusun Inventory bersama, maka akan ada penghematan biaya yang signifikan dan berdampak positif bagi upaya memaksimalkan pemasukan negara. Melalui standarisasi material yang dilakukan KKKS maka setiap KKKS dapat berbagi material jika salah satu membutuhkan dan tidak menunggu selesainya tender engadaan dan pengiriman material oleh vendor.

Standar yang dibangun oleh SKK Migas dan KKKS ini telah melebihi pada standar serupa yang ada di pasaran. Perbandingan antara metoda yang digunakan saat ini dengan menggunakan standard kodifikasi berlisensi lainnya yang tersedia di pasaran, maka SKK Migas dan KKKS setiap tahunnya dapat menghemat minimum 1,5 Juta USD.

Untuk tahun 2020 expenditure hulu migas ebesar US$ 13,8 miliar , dengan porsi terbesar untuk produksi sebesar US$ 9,2 miliar, development US$ 2,5 miliar dan ekplorasi US$ 1,2 miliar, serta sisanya administrasi. Melalui penerapan standar dan kodifikasi ke seluruh KKKS maka biaya efisiensi yang diperoleh akan semakin besar dan berdampak positif bagi negara

#Menuju1JutaBarrel
#HuluMigasUntukIndonesia

Post a Comment

0 Comments