Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Buah Duku dan Efek Sampingnya




Manfaat buah duku ternyata baik untuk kesehatan. Namun demikian, jika anda terlalu berlebihan mengkonsumsinya, bisa jadi buruk juga bagi kesehatan anda.
Lalu apa saja kandungan yang ada pada buah duku, sehingga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh?
Berbagai khasiat baik dari buah duku berasal dari nutrisinya. Penelitian meneybut, dalam 100 gram buah duku terkandung kalori sebesar 7 kka, protein 1.0 gram, zat besi 0.9 mg, karbohidrat 13 gram, mineral 0.7 gram, lemak 0.2 gram, dan banyak lagi.
Kandungan kalori pada buah duku, ternyata memiliki kadar yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk ataupun buah apel. Buah duku bersifat anti oksiodan, karena mengandung banyak vitamin C dan vitamin E sehingga sangat baik jika dikonsumsi sewajarnya.
Kandungan lanzones pada buah duku juga baik untuk melindungi sistem pencernaan.
Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan

Buah duku yang biasa dipakai untuk cuci mulut selepas makan, ternyata banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Berikut kami rangkum beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan:

1.            Meningkatkan Sistem Imun
Buah duku memiliki kandungan vitami C yang cukup banyak, sehingga buah duku dipercaya mampu menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh seseorang. Bagi yang sedang dalam masa pemulihan, juga disarankan mengkonsumsi duku, agar sistem kekebalan tubuhnya kembali normal.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Manfaat buah duku selanjutnya, yakni dapat melancarkan sistem pencernaan. Sama halnya dengan buah pepaya, buah duku juga mengandung serat tinggi sehingga ampuh untuk memperlancar sistem pencernaan anda.
Buah duku juga berkhasiat mencegah sel-sel kanker pada saluran cerna, karena mengandung kalori, mineral serta zat besi yang lebih banyak dibanding buah-buahan lainnya.

3. Sumber Antioksidan
Buah duku dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Hal tersebut karena kandungan vitamin C nya yang begitu tinggi pada buah duku.
Antioksidan salah satu nutrisi yang fungsinya menjaga tubuh, agar tidak mudah sakit karena radikal bebas. Antioksidan juga mampu menangkal polusi maupun zat beracun dari luar.

4. Menguatkan Gigi dan Menjaga Kesehatan Gusi
Manfaat buah duku selanjutnya yakni berkhasiat menguatkan gigi dan menyehatkan gusi. Kandungan fosfor pada duku, bisa membuat gigi kuat dan sehat. Konsumsi buah duku secara rutin namun jangan berlebihan.

5. Mengendalikan Kadar Kolesterol
Mengkonsumsi buah duku ternyata bisa mengendalikan kadar kolestrol berlebih dalam tubuh. Metabolisme kolesterol yang ada di dalam tubuh akan menjadi asam empedu. Dengan mengkonsumsi buah duku, kadar kolesterol dalam tubuh bisa terkendali.

6. Mengatasi Diare dan Demam
Manfaat buah duku lainnya, yaitu mampu mengobati sakit diare dan menurunkan panas atau demam. Namun yang dimanfaatkan buah daging pada buah duku, melainkan bijinya.
Cara mengolah biji buah duku untuk diare dan demam yakni pertama, ambil biji buah duku, lalu tumbuk hingga halus, campurkan atau larutrkan dengan air panas lalu minum sehari sekali sampai diare dan demam reda.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan kulit, ada baiknya anda mencoba manfaat buah duku. Kandungan vitamin E dalam duku, berkhasiat menjaga kesehatan kulit anda. Anda akan terhindar dari penuaan dini. Jika rutin mengkonsumsi buah duku juga bisa membuat kulit lembab dan terjaga dari sinar UV.

Efek Samping Terlalu Sering Makan Buah Duku
Manfaat buah duku memang baik untuk kesehatan, namun jika terlalu sering mengkonsumsinya ternyata buruk juga untuk kesehatan. Walaupun memiliki kandungan baik di dalamnya, seperti karbohidrat, fosfor, tiamin, protein, kalsium vitamin, dan niacin, namun , terlalu sering mengkonsumsi buah duku, menyebabkan beberapa efek samping diantaranya:

1.            Menyebabkan Sakit Maag
Bagi anda yang punya riwayat sakit Maag, ada baiknya tidak mengkonsumsi buah duku berlebihan. Buah duku merupakan buah yang sulit dicerna lambung, selain itu kandungan gas pada buah duku, bisa menyebabkan sakit maag anda kambuh.
Jika anda tetap ingin mengkonsumsi duku, konsumsilah sewajarnya dan jangan berlebihan karena bisa membuat maag anda kambuh.

2. Beresiko Terkena Diabetes
Buah duku mengandung fruktosa lumayan tinggi. Jika anda, tidak ingin berisiko terkena diabetesm jangan berlebihan mengkonsumsi buah duku. Bagi anda yang sudah menderita diabetes, lebih baik menghindari buah duku, dan memilih buah berserat lainnya seperti pepaya, jeruk atau pun jambu.

3. Meningkatkan Kadar Trigliserida
Mengkonsumsi buah duku terlalu banyak ternyata bisa meningkatkan kadar trigliserida. Trigliserida adalah jenis lemak jahat yang dibawa aliran darah, berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi. Apabila kadar trigliserida tinggi, perlu diwaspadai karena menjadi salah satu penyebab serangan jantung.

4. Menambah Berat Badan
Kandungan karbohidrat pada buah duku layaknya nasi. Jika terlalu berlebihan mengkonsumsi buah duku, bisa beresiko menambah berat badan. Jangan konsumsi buah duku dengan jumlah banyak jika anda tidak ingin gemuk dalam waktu singkat.
Demikianlah beberapa manfaat buah duku dan efek sampingnya yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. (v@nd)


Post a Comment

0 Comments