Ticker

6/recent/ticker-posts

HARI JADI KE-71 SIJUNJUNG, Bersama Wujudkan Kabupaten Maju, Jaya, Adil dan Sejahtera



dutametro.com, (SIJUNJUNG) Bupati Sijunjung, H Yuswir Arifin secara resmi membuka rangkaian kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung yang ke-71 tahun 2020, Jumat (31/1) di Lapangan M Yamin Muaro Sijunjung, yang diawali dengan acara senam bersama.

Kegiatan ini diikuti unsur Forkopimda, ketua pengadilan negeri, ketua pengadilan agama, Sekdakab Zefnihan, AP, MSi, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Sijunjung beserta ketua organisasi wanita lainnya, kepala OPD, instansi vertikal, BUMN/BUMD, camat dan seluruh pegawai lingkup Pemkab Sijunjung.

Perayaan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung ke-71 ditandai dengan pemukulan Gendang Tasa dan pelepasan balon gas ke udara oleh Bupati Sijunjung didampingi Forkopimda. Selain itu, sebanyak 41 rangkaian kegiatan dikemas dalam bentuk promosi daerah bertajuk "Festival Lansek Manih III, serta berbagai macam kegiatan lainnya.

“Tujuan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sijunjung, yaitu untuk mengembangkan dan melestarikan nilai-nilai tradisional dan spiritual, menanamkan rasa memiliki cinta terhadap warisan budaya daerah, serta memberi ruang kreativitas generasi muda Sijunjung untuk berkarya dan berprestasi, sekaligus juga memberi ruang terbukanya wisata budaya dan penguatan ekonomi masyarakat Kabupaten Sijunjung serta memperkaya khasanah budaya nasional. Dengan telah dirayakannya seluruh rangkaian kegiatan ini, diharapkan dapat dilaksanakan dengan meriah, sukses, berjalan dengan tertib, aman dan lancar, serta segenap lapisan masyarakat ikut merasakan untuk berpartisipasi dan terlibat di dalamnya, karena kegiatan yang kita rencanakan dan akan kita laksanakan ini berasal dari kita, oleh kita dan untuk kita,” kata bupati saat Soft Launching Ruang Terbuka Hijau Logas (RTH) di Simpang Logas Muaro Sijunjung.

Seperti biasa, pada tanggal 17 Februari 2020 yang diselingi dengan pelayanan KB Massal dan pemutaran film Mupen KB, upacara peringatan HJK ke-71 tahun 2020 dilaksanakan di Lapangan Tugu Hari Jadi di Tanjuang Bonai Aur Selatan. "Kemudian pada 18 Februari akan dilaksanakan sidang istimewa DPRD di Gedung DPRD Kandang Baru dan dilanjutkan dengan road show mobil perpustakaan keliling kab/kota se-Sumbar, serta peresmian ODF. Sedangkan bazar akan dilaksanakan mulai 11 hingga 23 Februari 2020," kata Yuswir Arifin.
Bupati Sijunjung juga berharap kepada para OPD untuk berlomba-lomba melakukan inovasi dan kreasi dalam memeriahkan HJK Sijunjung ke-71 tersebut, serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam acara rangkaian kegiatan hari jadi  termasuk warga masyarakat Kabupaten Sijunjung.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Yenuarita, SH, MHum, selaku panitia pelaksana menambahkan, festival Lansek Manih III akan dibuka dengan penampilan drumband Gita Abdi Praja IPDN pada tanggal 18 Februari pukul 14.00 WIB di Jalan Lansek Manih Pasar Jumat Muaro Sijunjung.

Yenuarita menambahkan, di panggung utama festival ini nantinya akan dilaksanakan penampilan kesenian Minang, festival nyanyi Minang, festival saluang dendang, penampilan silat, penampilan kuda kepang, calung, campur sari, tari tor-tor dan penampilan kesenian lainnya.

Lomba lainnya yang diadakan, di antaranya lomba penilaian kecamatan bersih, lomba drumband tingkat SD, lomba KIE tradisional program KKBPK (selawat dulang dan saluang dangdut), gerak jalan tepat waktu tingkat SMP, lomba melukis literasi tingkat SMP, peresmian ceta bacorak dan lomba bercerita tingkat SD. (*)

Post a Comment

0 Comments