Ticker

6/recent/ticker-posts

Gempa Bumi di Perbatasan Turki Iran,8 Orang Meninggal

Minggu, 23 Februari 2020 | 17:52 WIB

Tim penyelamat melakukan pencarian di gedung reruntuhan pada gempa bumi di Elaziq, Turki, 26 Januari 2020. REUTERS/Umit Bektas

Editor: Mairizal

ISTANBUL, dutametro.com - Menteri Dalam Negeri Turki, Suleyman Soylu melaporkan sebanyak delapan korban meninggal di Turki Timur pada Minggu (23/02/2020) akibat gempa berkekuatan 5.7 skala magnitudo.
Soylu mengatakan terdapat 1.066 gedung runtuh, delapan orang tewas, tiga di antaranya anak-anak. Meski begitu, pusat atau titik gempa ternyata berasal dari wilayah perbatasan antara Turki dengan Iran.
Gempa terjadi pada pukul 08.53 pagi dan memiliki kedalaman 5 kilometer berdasarkan laporan The European Mediterranean Seismological Centre (EMSC). Namun, berbeda dengan Turki, Otoritas Iran tidak melaporkan adanya korban tewas.
TV pemerintah Turki menunjukkan kerusakan seperti gedung runtuh dan jalanan yang rusak. Beberapa warga menyelimuti diri mereka di jalan karena salju sedang turun sementara dinding rumah mereka hancur, atap logam mereka roboh, retakannya sangat lebar dan kabel-kabel bengkok.
Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gempa Bumi di Gujarat Tewaskan 20.000 Orang
"Kerusakan ini menyebabkan korban meninggal," Ungkap gubernur Van, Mehmet Bilmez, "terdapat kerusakan di empat desa lainnya."

Jurnalis Turki

Post a Comment

0 Comments