Ticker

6/recent/ticker-posts

CSR Semen Padang 2019 Sasar Ragam Program Pemberdayaan Masyarakat



dutametro.com (PADANG) — Kiprah PT Semen Padang dalam pelaksanaan program Coorporate Social Responsibility (CSR) tak pernah surut setiap tahunnya. Sepanjang 2019, berbagai program CSR telah dialirkan oleh PT Semen Padang dengan sasaran utama pemberdayaan sosial masyarakat sekitar yang mencakup, bantuan bencana alam, 

pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, pelestarian alam, dan dalam rangka ikut mengentaskan kemiskinan.
Sebagai wujud kepedulian yang tinggi pada kelanjutan pendidikan generasi bangsa, pada 2019 PT Semen Padang juga menyalurkan beasiswa dua semester sebesar Rp726,9 juta kepada para penerima yang terdiri dari pelajar SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, mahasiswa perguruan tinggi, serta atlet berprestasi.

Beasiswa tersebut diserahkan pada semester I Tahun Ajaran 2018/2019, tepatnya pada Mei 2019, di mana PT Semen Padang mengucurkan beasiswa sebesar Rp368.050.000 kepada 693 penerima di wilayah Kota Padang, perwakilan Dumai, serta Lampung. Sedangkan di semester II, disalurkan beasiswa Rp358,9 juta pada Desember 2019 untuk 683 penerima.
Selama 2019, sejumlah bencana telah melanda beberapa daerah di Sumbar dan provinsi tetangga. 

Sebut saja, gempa bumi di Solok Selatan bermagnitudo 5,6 SR pada Kamis 28 Februari 2019, bencana banjir dan longsor di delapan kabupaten di Bengkulu pada Sabtu 27 April 2019, bencana kabut asap dan kemarau selama Agustus-September 2019, banjir bandang dan longsor di Galapuang Kabupaten Agam pada 20 November 2019, serta banjir bandang di Kabupaten Solok Selatan pada Senin 25 November 2019.

Menyikapi kejadian bencana tersebut, PT Semen Padang juga turut hadir membantu, baik dengan mengirimkan relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang untuk bahu membahu membantu korban bencana, mengirimkan tenaga medis, serta bantuan logistik yang dibutuhkan oleh warga terdampak. Tak hanya membantu warga korban banjir, longsor, dan gempa. PT emen Padang juga selalu hadir mengulurkan tangan bagi para korban kebakaran di sekitara ring 1 perusahaan.

Selain itu, Program Forum Nagari tetap menjadi perhatian PT Semen Padang sepanjang 2019, yang menyasar 14 forum Nagari dan Forum Pemberdayaan di lingkungan perusahaan. Di antaranya, delapan forum di Nagari Lubuk Kilangan yang menyasar seluruh kelurahan dan satu forum kecamatan. Hal serupa juga diberlakukan di Nagari Limau Manis (Pauh), Lambung Bukit (Pauh), dan Pampangan (Lubuk Begalung), serta di jalur pengangkutan semen.

Forum Nagari sendiri adalah wadah perhimpunan lembaga-lembaga sosial ekonomi masyarakat, kerapatan adat nagari (KAN), dan pemangku kepentingan yang pembentukannya diprakarsai oleh PT Semen Padang, melalui kesepakatan deklarasi di Bukittinggi pada 31 Januari 2015 lalu. Forum nagari ini kemudian mengoordinasikan dan menyinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, pemerintah, dan perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya, keahlian, dan adat nagari secara berkelanjutan.

Kehadiran Forum Nagari dan Forum Pemberdayaan telah nyata mendorong kemajuan bagi nagari. "Forum Nagari di Kelurahan dan tingkat Kecamatan di Lubuk Kilangan sudah berkiprah selama empat tahun. Selama itu, sudah banyak infrastruktur yang dibangun Forum Nagari melalui program yang bersinergi dengan Semen Padang," kata Ketua KAN Lubuk Kilangan, Basri Datuak Rajo Usali.

Rencana Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (RKPM) tahun 2019 di Wisma Indarung PT Semen Padang sendiri berlangsung pada Jumat 26 April 2019. Ketua KAN Limau Manis, Syafripuddin, pada kesempatan sama menyatakan terima kasih kepada PT Semen Padang yang telah menambah jumlah Forum Pemberdayaan di Nagari Limau Manis.
"Mudah-mudahan PT Semen Padang sebagai perusahaan semen kebanggaan masyarakat Sumbar terus maju dan berkembang," kata Syaripuddin dalam kesempatan itu.

Pada 2019, kehadiran Semen Padang melalui CSR-nya dalam mendukung pembangunan infrastruktur amat dirasakan oleh masyarakat di Kelurahan Limau Manih Selatan. Terbukti, pada 20 November 2019, Wali Kota Padangm Mahyeldi Ansharullah, meresmikan Jalan Usaha Ekonomi Bancah Koto Baru, Kelurahan Limau Manih Selatan, Pauh, Kota Padang.
Pengecoran jalan sepanjang 3,2 kilometer itu dibantu oleh PT Semen Padang dalam bentuk 4.400 zak semen dan satu unit mesin cor molen. Di samping itu, Harmaini Thalib, petani ayam petelur setempat, juga memberikan bantuan sebanyak 2.350 M3 pasir/kerikil. 

Pengecoran dilakukan secara swadaya oleh masyarakat/petani yang berjumlah 3.074 orang, dan dibantu pendanaan berupa urang tuani dari PDAM Kota Padang.
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, dalam kesempatan itu ikut mengapresiasi PT Semen Padang yang telah bersinergi dengan masyarakat Nagari Limau Manih Selatan, dalam mewujudkan Jalan Usaha Ekonomi Bancah Koto Baru melalui budaya gotong-royong.

Kepedulian PT Semen Padang untuk membantu masyarakat juga terlihat dalam inisiasi manajemen PT Semen Padang dalam pelaksanaan kegiatan "Barasiah Basamo", untuk membersihkan lingkungan yang berlangsung sejak pertengahan 2018 dan terus berlanjut hingga 2019.

Pada 23 Maret 2019, kegiatan Barasiah Basamo dipusatkan di Sungai Batang Arau di Seberang Palinggam, Kecamatan Padang Selatan, dalam rangka peringatan Hari Air Dunia ke 27 Tahun 2019. Kemudian, pada 25 April 2019 kegiatan serupa berlangsung di Pantai Air Manis, Kota Padang.

Sepanjang 2019, PT  Semen Padang juga mendukung program BUMN Hadir untuk Negeri, dengan menyerahkan bantuan perbaikan rumah sebanyak 10 unit bagi rumah masyarakat yang tidak layak huni, dengan nilai bantuan sebesar Rp300.749.000, yang disalurkan pada program BUMN Hadir untuk Negeri pada 17 Agustus 2019.

Selain itu, PT Semen Padang juga menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan kepada 40 pelajar dengan nilai total Rp50.500.000, penyerahan 1.000 eksemplar Al-Quran untuk tiga pondok pesantren/panti sosial anak asuh senilai Rp60 juta, bantuan penyediaan sarana air bersih di dua titik di Padang Besi dan Limau Manih Selatan dengan nilai Rp70 juta, dan bantuan satu unit trailer perahu karet untuk BPBD Kota Padang senilai Rp25 juta.

Masih banyak program CSR lainnya yang dilaksanakan PT Semen Padang sepanjang 2019. Sebut saja, pada semester I/2019 di antaranya adalah menurun Tim Safari Ramadhan ke masjid/musala di Sumbar, melaksanakan program Mudik Gratis Padang-Mentawai berkerja sama dengan Pelni yang memberangkatkan 2.126 pemudik.

Selain itu pada semester pertama, PT Semen Padang juga menyerahkan bantuan pendidikan pascasarjana untuk Mahasiswa Unand, mendukung program Semarak Ramadan, mendukung pendidikan dua pelajar binaan CSR Semen Padang di Sampoerna Academy Boarding School, pemberian pembekalan bagi vendor lokal dalam mengelola perusahaan, memberi dukungan atas program TMMD ke-104 di Padang Pariaman dan Mentawai.

Kemudian pada semester II/2019, program CSR PT Semen Padang hadir dalam bentuk kegiatan sunatan massal, Klinik Peduli yang bekerja sama dengan Semen Padang Hospital (SPH), Pembangunan Asrama Putri di Mentawai, Program pembangunan infrastruktur di Sikayan Bansek Batu Gadang, bantuan untuk Panti Asuhan Batu Gadang, Program Pangan Murah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, pembangunan drainase di Baringin, bantuan tando air Batu Gadang dan Baringin untuk mengatasi kekeringan, Program pembangunan Intake Lubuk Sariak, bantuan sapi qurban, dan mendukung promosi ekowisata di Batu Busuak Kota Padang.

Direktur Utama (Dirut) PT Semen Padang, Yosviandri menekankan, PT Semen Padang dalam pengelolaan perusahaan tidak hanya mengedepankan aspek profit (laba), tetapi juga sangat memperhatikan people (manusia) dan planet (lingkungan). Prinsip itu kemudian disebut  triple bottom, yang menjadi salah satu landasan pelaksanaan program CSR perusahaan.

Bagi Semen Padang, pelaksanaan program CSR bukanlah dalam bentuk bagi-bagi uang (charity), tetapi lebih memberikan dampak pada competitive advantage (keunggulan bersaing) bagi perusahaan.

"Semen Padang memandang bahwa CSR bukan hanya tool biasa, melainkan sebagai bentuk keunggulan bersaing untuk mendukung perusahaan. Oleh karena itu, segenap insan Semen Padang berkomitmen serius menjalankan program CSR mulai dari pimpinan puncak hingga pelaksana di lapangan," ucap Yosviandri. (h/*)


Post a Comment

0 Comments