DIBUTUHKAN:
Kami perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan
media koran dan media online, membutuhkan
Biro untuk perwakilan di kabupaten / kota di seluruh
indonesia. Jika anda berminat hubungi:
MAIRIZAL: 081364368669 (whastapp)
SUCI MARTIA: 082170567303



dutametro.com, (SAWAHLUNTO) -- PT PLN (Persero) UPK Ombilin bersama Kodim 0310/SS menyerahkan bantuan Bios 44 kepada kelompok tani Parigi Jaya Desa Sijantang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Senin (16/12). Keltan Parigi sendiri merupakan keltan binaan dari UPK Ombilin.

Manager UPK Ombilin, Daryanto mengatakan, sinergitas bersama Kodim 0310/SS ini dalam rangka hari juang TNI AD ke-74. Keterlibatan TNI sendiri, sebagai elemen yang bertugas sebagai pengamanan aset vital nasional, salah satunya UPK Ombilin.

"Keltan Parigi Jaya yang kita bina selama ini, memanfaatkan abu sisa pembakaran batubara sebagai pupuk tanamannya. Namun, sekarang kita tambah lagi dengan Bios 44 yang mampu memperbaiki unsur hara tanah hingga menjadi subur," ujarnya.

Bios 44 sendiri, lanjutnya, merupakan bantuan dari Kodim 0310/SS, yang diharapkan bisa lebih memaksimalkan hasil pertanian maupun perkebunan masyarakat. "Kami (UPK Ombilin-red), terus menyalurkan bantuan melalui program Coorporate Social Responsibity (CSR) terutama bagi masyarakat di ring satu perusahaan, yakni Desa Sijantang, Salak, Talawi Mudik dan Talawi Hilie," katanya.

Sementara Dandim 0310/SS, Letkol Inf Dwi Putranto menambahkan, program pengenalan Bios 44 ini sebelumnya diperuntukan dalam penanggulangan bencana kebajaran hutan dan lahan, kini berkembang pada sektor pertanian, perkebunan dan perikanan yang dilakukan sosialisasi bertahap kepada masyarakat.

"Bios 44 adalah gabungan simbiosis mutualisme dalam bentuk larutan yang sudah diformulasi yang terbukti efektif untuk menyuburkan tanah, sehingga lahan yang tadinya kurang produktif bisa berdaya kembali. Saat ini, Bios telah mampu memberi dampak yang baik kepada para petani," ujarnya.

Cairan Bios 44 sendiri, lanjutnya, dikenalkan oleh Danrem Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo sewaktu bertugas di Korem 044/Garuda Dempo (Gapo) untuk campuran air memadamkan karhutla yang kerap melanda Sumatera Selatan (Sumsel) kala itu. Namun, seiring pengembangannya kini dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi pertanian dan perikanan.

Hasil inovasi ini, lanjutnya, ramah lingkungan yang jika ditebar di lahan gambut dapat mencegah kebakaran dan jika ditebar dipertanian atau perikanan akan menjadi lebih produktif, karena terjaga ekosistemnya.

"Intinya, bagaimana keberadaan TNI dalam bersinergi dengan masyarakat untuk menjaga ketahanan pangan untuk kesejahteraan bersama," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim juga mengimbau kepada masyarakat dan elemen lainnya untuk saling menjaga keberadaan PLTU Ombilin yang merupakan aset vital nasional. "Jika ada permasalahan, bisa saling koordinasi baik dengan pihak UPK Ombilin sendiri maupun dari pihak TNI yang bertugas di sana," katanya.

Dalam peringatan Hari Juang TNI AD tersebut, UPK Ombilin melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) juga menyalurkan bantuan sebanyak 294 paket dengan total bantuan sebesar Rp294 juta. (*)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
Selamat datang di Website www.Dutametro.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Mairizal,SH