Ticker

6/recent/ticker-posts

Sawahlunto Salurkan Rp445 Juta Untuk Pembangunan Masjid Gaza Palestina



dutametro.com, (SAWAHLUNTO) – Tidak kurang dari Rp445 juta wakaf berhasil dihimpun dari masyarakat Sawahlunto dalam puncak gerakan wakaf untuk pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Palestina.

Wakaf yang disalurkan melalui Yayasan Amal Mulia Palestina itu, dihimpun dalam gerakan wakaf yang digulirkan sejak 9 Agustus 2019 dengan target sebesar Rp500 juta. Gerakan wakaf sendiri melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah, sekolah, rumah ibadah, hingga perseorangan. Hingga Sabtu (7/12), wakaf yang dihimpun baru diangka Rp382,4 juta.

“Wakaf yang berhasil dihimpun dan sudah masuk rekening mencapai Rp382,4 juta,” ucap Kepala Bagian Kesra Setdako Sawahlunto, Zardinal Basyir kepada Haluan, Minggu (8/12).
Pengumpulan wakaf yang dilakukan saat puncak gerakan wakaf, yang dibungkus dalam konser amal, lanjutnya, menghasilkan Rp63 juta lebih. Sesuai dengan rencana awal, seluruh wakaf yang terkumpul diserahkan untuk pembangunan masjid bagi saudara-saudara umat muslim di Palestina. Penyerahan wakaf dilakukan dalam konser amal penyanyi gambus, Nissa Sabyan, yang akan digelar dalam rangkaian Hari Jadi Kota Sawahlunto ke-133 tahun.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta mengatakan, gerakan wakaf yang dilakukan warga Sawahlunto, sebagai bentuk kepedulian dalam membangun Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Palestina, yang biaya pembangunannya 100 persen dananya berasal dari rakyat Indonesia.

“Pemerintah bersama masyarakat Sawahlunto ingin ikut andil terhadap kehidupan rakyat Palestina melalui pembangunan masjid, untuk membantu kehidupan rakyat Palestina yang mengkhawatirkan,” ujarnya.

Penduduk Palestina banyak kehilangan rumah, penghidupan, bahkan beberapa masjid hancur, sehingga masyarakat kekurangan sarana ibadah. “Dengan kondisi prihatin seperti itu, mereka tak mampu membangun sarana ibadah,” ujar Deri Asta didampingi Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti.

Dari ekspose tim penggalangan dana pada Agustus, pondasi Masjid Istiqlal Indonesia, proyek mahakarya bangsa Indonesia untuk Palestina telah terpasang dan tiang sudah ditegakkan di bumi Isra Rasulullah.

Sementara itu, Syeh Syaifuddin Al Ashr utusan dari Palestina yang hadir kala itu mengatakan, berbagai kepedulian yang telah diberikan rakyat Indonesia untuk Palestina telah membuat rakyat Palestina cinta kepada Indonesia karena Allah. (*)

Post a Comment

0 Comments