Ticker

6/recent/ticker-posts

Pemko dan Bank Nagari Luncurkan Rumah Kreatif



dutametro.com, (PARIAMAN) -- Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman bekerja sama dengan Bank Nagari luncurkan Rumah Kreatif sebagai wadah untuk memasarkan produk UMKM, sehingga dapat menguasai perdagangan dunia digital melalui kreatifitas kaum milenial.

Rumah kreatif yang berada di Rumah Tabuik Subarang itu diresmikan langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Sabtu (7/12). Ia mengatakan, dengan adanya rumah kreatif ini bisa merubah pola transaksi tradisional menjadi transaksi online. Peran komunitas baik vlogger, KNPI, karang taruna, youth center dan semua komunitas anak-anak muda Pariaman boleh bekreasi di rumah kreatif ini.

“Dengan meningkatkan kapasitas SDM untuk melakukan bisnis yang semuanya nanti ekonomi Pariaman berbasis pada komunitas anak-anak muda," ujarnya.

Ia menyebutkan, Bank Nagari mendukung anak-anak muda dalam membantu dan menggerakan perekonomian Kota Pariaman. Untuk itu, kaum millennial harus memiliki kreativitas, inovasi dan bisa meningkatkan ekonomi kreatif.

“Melalui rumah kreatif ini berbagai komunitas anak-anak muda dan komunitas lainnya boleh melakukan kreativitas di sini dengan dilengkapi fasilitas wifi yang bisa meningkatkan kreativitas anak muda Kota Pariaman," ujarnya.

Dikatakannya, rumah kreatif baru digunakan untuk tempat pajangan, beberapa produk Kota Pariaman berupa makanan, kerajinan dan berbagai UMKM lainnya dengan pusat produksinya di rumah masing-masing dengan tujuan bisa memasarkan kemana saja.

“Semuanya dikelola secara mandiri oleh anak-anak muda, nantinya ia bisa membuat suatu kelompok dan dipercaya bisa lebih kreatif, inovatif dan memiliki produktivitas yang tinggi dibandingkan kaum yang lebih tua, dengan memajukan produk Pariaman melalui kaum millennial,” ujarnya.

Sementara itu, Devisi Kredit Komersial Bank Nagari Provinsi Sumbar, Restu Wirawan mengatakan bahwa anak-anak millennial harus disupport, karena merekalah nantinya memegang roda perekonomian.

“Dengan kemajuan teknologi sekarang ini banyak kaum millennial yang mempunyai inovasi-inovasi berguna, artinya mempermudah masyarakat dalam memperoleh barang, membuat market place. Sehingga masyarakat tidak susah lagi pergi ke toko, mall dalam melakukan transaksi melalui teknologi," katanya.

Lebih lanjutnya, di perbankan pun sudah mulai dari kaum muda membuat finansial teknologi untuk kredit di bawah Rp2 juta ke bawah dianalisis melalui gawai yang telah memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ini harus diberi dukungan terus.

“Bank Nagari sendiri sudah mendukung berupa tempat dan nantinya kalau ada tambahan yang diperlukan baik segi management, yang pastinya kami siap mendukung, sehingga nantinya kita harapkan di rumah kreatif muncul ide-ide baru di Kota Pariaman yang secara nasional dan bahkan internasional," katanya. (*)

Post a Comment

0 Comments