DIBUTUHKAN:
Kami perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan
media koran dan media online, membutuhkan
Biro untuk perwakilan di kabupaten / kota di seluruh
indonesia. Jika anda berminat hubungi:
MAIRIZAL: 081364368669 (whastapp)
SUCI MARTIA: 082170567303




dutametro.com, (LIMAPULUH KOTA) -- Pascabanjir yang terjadi di Jorong Padang Balimbing, Nagari Bukik Sikumpa, sejak Senin (9/12) lalu, sebanyak 24 Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi di posko bencana yang disediakan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota.

Untuk memantau kondisi tersebut, Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, bersama Kepala Pelaksana BPBD, Joni Amir, Kadis PUPR, Yunere turun memberikan bantuan kepada para pengungsi, Kamis (12/12).

Pantauan dilapangan, kondisi banjir sudah mulai surut di lokasi tersebut, sebagian warga juga sudah kembali ke rumah masing-masing. "Alhamdulillah, kondisi banjir sudah surut hari ini, mari kita doakan bersama agar bencana ini segera berlalu,"ujar Irfendi Arbi.

Meski demikian, Irfendi tetap meminta kepada masyarakat terutama di wilayah yang terdampak banjir agar senantiasa meningkatkan kewaspadan dan menjaga kondisi kesehatan. Sebab, saat ini kondisi cuaca masih tidak menentu di Limapuluh Kota. "Ini ada bantuan dapur umum, peralatan kesehatan, selimut dan peralatan lainnya, mudah-mudahan dapat membantu para pengungsi," kata Bupati.

Terkait dengan masalah kesehatan, Irfendi menyebut, pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota telah menyediakana posko-posko pengungsian dan kesehatan.
"Kalau ada yang sakit segera bawa ke posko kesehatan untuk dilalukan pengobatan, jangan dibiarkan berlarut tanpa pengobatan.  Saya minta dinas terkait terus pantau dan memberikan pelayanan prima bagi kesehatan maayarakat ini, " tegasnya.

Dalam kesempatan itu bupati juga memberikan apresiasi para camat, wali nagari, kepala jorong dan pihak lainnya  yang telah bekerja keras membantu masyarakat yang terdampak banjir seperti pendirian posko-posko, dapur umum dan posko kesehatan.

Sementara untuk mengantisipasi banjir terus berulang pada masa berikutnya,  ia menyebut akan memerintahkan dinas PUPR untuk mengkaji dan mempelajari penyebab banjir di daerah ini.

"Saya minta Dinas PUPR nanti melakukan peninjauan langsung dan mengkaji penyebab banjir di daerah kita, untuk nantinya akan dilakukan tindakan, "tutupnya.

Sebelumnya, Bupati juga meninjau korban jalan terban, tanah longsor yang terjadi di Jorong Sabar, Nagari Suayan, Kecamatan Akabiluru. Irfendi langsung memerintahkan kepada dinas PUPR untuk segar memperbaiki jalan penghubung Nagari Suayan dengan Nagari Pauah Sangik ini.

"Kepada masyarakat kita harap untuk tidak terlalu banyak beraktivitas di jalan yang terban ini. Mengingat kondisi jalan yang masih rawan dan berbahaya untuk dilalui," sebutnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Limapuluh Kota, Joni Amir, menyebutkan, hingga saat ini, beberapa kecamatan yang terdampak banjir di daerah itu sudah berangsur surut. "Namun, kita tetap pantau kondisi dilapangan dan menyiagakan anggota. Saya harap masyarakat tetap waspada,"tutupnya. (*)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
Selamat datang di Website www.Dutametro.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Mairizal,SH