Ticker

6/recent/ticker-posts

Pameran Nagari Surian Promosi Produk Lokal



dutametro.com (AROSUKA) -- Pemerintah Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin, untuk keempat kalinya menyelenggarakan Pameran Nagari tahun 2019. Dengan mengangkat tema konstruktif "Nagari Surian Berdasarkan 4 Pilar Pembangunan Kabupaten Solok Dalam Menyonsong Era Nagari Maju" pameran yang dibuka Bupati Solok, Gusmal, ini berlangsung meriah di Lapangan Bolakaki Nanggalo, Surian.
Bupati Solok, Gusmal,mengapresiasi semua unsur penyelenggara dan masyarakat sebagai pelaksana pembangunan di Nagari Surian.

Di hadapan sejumlah kepala SKPD, Anggota DPRD, Harry Pawestry,  Camat Pantai Cermin, Chrismon Darma, Penjabat (Pj) Wali Nagari, Erwin,  Wali Nagari Terpilih, Yusri, Wakapolsek, Ipda Afrizal, Danramil, Kapten Inf Walter Nadeak, Kepala BPN, Thamrin Rajo Mudo, dan  Ketua KAN Surian, A Dt Mangkudun,  Gusmal memastikan kegiatan pameran ini merupakan salah satu langkah pembangunan daerah. Dirinya mendorong dilakukan evaluasi setiap kali melakukan kegiatan serupa, agar memperoleh hasil maksimal dan tidak menjadi pekerjaan sia-sia.
Bupati menginspirasi masyarakat dan pemerintah nagari untuk mewujudkan peningkatan perekonomian melaui pameran nagari dengan mengangkat hasil UMKM masyarakat dan sejenisnya. "Pameran ini harus mampu mempromosikan produk-produk daerah kita agar lebih diminati konsumen," ujar Gusmal.
Tak lupa, Bupati Solok meninggalkan pesan supaya pemerintah kecamatan dan nagari, terus melakukan pengawasan terhadap berbagai kegiatan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat. "Mari bersama-sama kita kurangi dan hilangkan angka kemiskinan dan kita wujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Pemerintah akan selalu berupaya membantu pembangunan nagari, seperti perbaikan berbagai sarana umum dan infrastruktur lainnya," tegas Gusmal.
Senada dengan Gusmal, Anggota DPRD Kabupaten Solok asal nagari setempat, Harry Prawestri, mengajak warga kecamatan Pantai Cermin harus pintar dalam menghadapi revolusi 4.0, disamping harus siap menghadapi masa bonus demografi. "Mari kita bekerjasama dalam meningkatkan produktivitas SDM dan SDA daerah," tuturnya.
Searah dengan visi Kabupaten Solok, Harry juga mengajak seluruh  masyarakat setempat untuk menciptakan nagari wisata di Surian. Banyak potensi nagari yang bisa dikomersilkan dalam aspek kepariwisataan, seperti  wisata seni, kuliner, alam, dan lainnya. Potensi ini sangat terbuka untuk dimanfaatkan peluangnya menjadi sumber perekonomian masyarakat. " Ayo kita lestarikan aset kebudayaan, " ajaknya.
Sementara itu, Pj Wali Nagari Surian, Erwin menyampaikan teknis penyelenggaraan pameran nagari selama 4 hari, mulai tanggal 18 sampai 22 Desember 2019. "Ada sebanyak 13 jorong yang mengikuti pameran dan ikut juga stan BNN Kabupaten Solok sebagai wadah sosialisasi anti Narkoba bagi generasi muda," kata Erwin.
Selain sebagai wahana promosi, pameran Nagari Surian sekaligus menjadi media menyampaikan informasi kepada masyarakatn tentang  kegiatan pembangunan yang telah terlaksana.
Melalui pameran, pihaknya juga menggali kreativitas masyarakat dan generasi muda, dengan menghadirkan berbagai lomba dan penampilan kesenian. "Kita ingin melalui pameran nagari, kreativitas dan potensi anak nagari akan semakin berkembang," jelas Wali Nagari Surian itu. (dm)

Post a Comment

0 Comments