Ticker

6/recent/ticker-posts

MPP Payakumbuh Menuju yang Terbaik


dutametro.com, (PAYAKUMBUH) – Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Payakumbuh, didirikan guna memenuhi amanat Undang Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang MPP.

“Selaku kepala daerah di kota ini, kami terpacu untuk turut mendirikan Mal Pelayanan Publik yang representatif di Kota Payakumbuh. Tidak harus menjadi yang pertama, bagi kami, MPP yang didirikan harus betul-betul merepresentasikan suasana mal yang ekslusif layaknya mal-mal di kota besarlainnya, dimana suasana didalamnya sejuk, rapi, indah dan nyaman. Karena dilabeli dengan nama Mal, maka MPP haruslah membawa nama baik mal itu sendiri dengan karakteristiknya, ”ungkap Wali Kota Riza Falepi dalam keterangannya kemarin.

“Dalam rangka memenuhi tujuan pembentukan MPP yaitu, untuk memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan, kami mendirikannya di jantung pemerintahan Kota Payakumbuh, tepatnya di Gedung Balaikota Payakumbuh,” kata Wali Kota.

Menurut wali kota, karena tuntutan mudah diakses, telah ditetapkan lantai dasar gedung balaikota sebagai lokasi MPP Payakumbuh, sehingga makin mempermudah warga berurusan. “Balaikota terletak di pusat kota, MPP nya pun di lantai satu balaikota, sehingga sangat memudahkan warga kita di Payakumbuh dan sekitarnya untuk menikmati layanan,”ujar Riza Falepi.

Konsep MPP sangatlah luar biasa. MPP mengintegrasikan semua jenis layanan publik dalam satu gedung pelayanan (one stop public service). Masyarakat tidak perlu direpotkan ketika mengurus sejumlah layanan publik. Di MPP semua tersedia, tinggal pindah konter saja untuk mengurus layanan berbeda, karena memang MPP diadakan untuk memberikan pelayan cepat, mudah dan nyaman kepada masyarakat.

“Bersama Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, kami menghendaki MPP Payakumbuh, bisa menjadi rujukan nasional. Kami perintahkan dinas terkait untuk mewujudkan suasana MPP Payakumbuh seperti Mal Sarinah atau Plaza Indonesia di Jakarta. Seluruh lini harus rapi dan bersih, termasuk toilet atau WC nya. Saya minta WC nya harus sebersih WC di bandara-bandara besar. Semua itu demi memberi kepuasaan dan kenyamanan bagi warga kami yang berurusan di MPP,” tuturnya

“Alhamdulillah, jelang grand launching pada 17 Desember 2019 ini, yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Payakumbuh ke-49, apa yang kami bayangkan di awal mendirikan MPP Kota Payakumbuh sepenuhnya rampung. Hari ini, jika pembaca mengunjungi MPP Payakumbuh, Insyaallah suasana rapi, indah, bersih dan nyaman akan bisa dirasakan,” sebut Riza.

Warga dan pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas pendukung yang terdapat dalam mal tersebut. Sebut saja ruang tunggu yang nyaman, cafe elit sekelas “starbuck” dengan harga “manenggang”, layanan yang cepat, mudah dan tertib karena dilengkapi mesin antrian, para pegawai yang ramah serta layanan yang pasti dan bebas calo.

Jenis layanan publik pun tersedia lengkap di MPP Payakumbuh, bisa menampung 13 perangkat daerah plus 14 instansi vertikal pemberi layanan. Di antara instansi vertikal itu adalah imigrasi, samsat, kepolisian, BNN, Balai POM, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Kementerian Agama, dan lainnya. Ada juga sejumlah konter bank dilengkapi dengan sarana ATM nya.

Jika dirinci, ada sebanyak 167 jenis layanan publik berlangsung di MPP Payakumbuh. Jenis layanan ini tersebar di 16 konter pelayanan, 9 ruang pelayanan dan 10 tempat pendukung pelayanan. Waktu pelayanan pun akan lebih cepat. Satu urusan tak lebih dari 15 menit dengan catatan persyaratan lengkap, termasuk layanan membuat KTP dan layanan membuat paspor dari kantor imigrasi yang sejauh ini menjadi primadona bagi warga Kota Payakumbuh dan warga kota/kabupaten tetangga. (*)

Post a Comment

0 Comments