Ticker

6/recent/ticker-posts

Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker


Buah matoa memang masih cukup asing di telinga orang Indonesia. Hal ini dikarenakan buah matoa memang hanya berbuah sekali saja dalam setahun.

Matoa memiliki tekstur daging buah kenyal dan berwarna bening, mirip rambutan dan kelengkeng. Untuk rasa buah matoa juga hampir mirip dengan kelengkeng dan rambutan.
Walaupun memiliki tekstur yang hampir mirip dengan kedua buah tersebut, namun untuk khasiatnya sangatlah berbeda. Di balik rasanya yang unik dan lezat, ada banyak manfaat buah matoa untuk kesehatan yang bisa dirasakan. 

Manfaat buah matoa untuk kesehatan bisa didapat akibat banyaknya nutrisi penting di dalamnya. Hampir seluruh kandungan nutrisi di dalam buah matoa dibutuhkan oleh tubuh guna mencegah dan menjaga kesehatan.

Untuk merasakan manfaat buah matoa, kamu bisa menunggu di musim panen buah matoa pada Juli hingga Oktober. Buah yang hanya bisa tumbuh di daerah tropis ini banyak dijajakan di pasar-pasar buah. Berikut manfaat buah matoa untuk kesehatan 
Meningkatkan Kesuburan Pria dan Wanita

Manfaat buah matoa untuk kesehatan luar biasa yang pertama adalah untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita. Hal ini dikarenakan buah matoa punya kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi.

Untuk wanita, vitamin E pada buah matoa berfungsi untuk antibodi yang dapat meningkatkan kesuburan 20 hingga 30 persen. Selain itu, vitamin E juga bisa mencegah pecahnya selaput selama kehamilan. Sedangkan pada pria, vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Selain bisa meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita, manfaat buah matoa juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah matoa.

Vitamin C pada buah matoa ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari virus dan berbagai penyakit.

Meringankan Stres
Matoa merupakan buah yang sangat ajaib. Selain rasanya yang unik dan lezat, buah ini juga mengandung beberapa senyawa baik yang dapat digunakan sebagai obat alami.
Salah satu senyawa alami yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh adalah vitamin E. Kandungan vitamin E yang  tinggi pada buah matoa dipercaya dapat menghilangkan stres.
Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah matoa kaya akan antioksidan, yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan vitamin C pada buah matoa juga dapat membantu mengaktifkan antioksidan ini yang akan mengurangi risiko terkena kanker.
Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain bisa mengurangi risiko kanker, manfaat buah matoa juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Manfaat buah matoa untuk kesehatan ini berasal dari kandungan vitamin C dan E yang diyakini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Menangkal Radikal Bebas
Kandungan vitamin E dalam buah matoa sangat tinggi yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan ini bertugas untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.

Jaga Kesehatan Kulit
Manfaat buah matoa lainnya mampu menjaga kesehatan kulit. Manfaat buah matoa untuk kesehatan kulit ini didapatkan dari adanya kandungan vitamin E di dalamnya.
Vitamin E pada buah matoa memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dengan menjaga dan meningkatkan kelembapan serta elastisitas kulit.

Bersama dengan beberapa senyawa fitokimia yang terkandung dalam buah matoa, vitamin E semakin mampu meningkatkan regenerasi sel kulit.

Mengonsumsi buah matoa secara rutin setiap hari, akan membuat tubuh kamu terlindungi dari serangan radikal bebas yang menjadi cikal bakal munculnya penyakit seperti kanker.
Itu tadi tujuh manfaat buah matoa untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan. Untuk mendapatkan manfaat buah matoa untuk kesehatan, kamu perlu bijak dalam mengonsumsinya.

Hindari konsumsi buah matoa terlalu banyak. Hal ini justru akan membuat kamu mabuk, karena buah matoa mangandung banyak glukosa jenuh. (*)

Post a Comment

0 Comments