Ticker

6/recent/ticker-posts

KANTOR LURAH HANCUR DITIMPA POHON





dutametro.com, (SAWAHLUNTO) - Pohon tumbang hantam kantor Lurah Pasar Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto, Sabtu (28/12) pagi. Akibatnya kantor lurah tersebut hancur hingga 70 persen.

Adapun pohon jenis Ambacang tersebut tumbang akibat hujan deras yang turun sepanjang malam hingga pagi di wilayah Sawahlunto.

"Pohon berdiameter lebih kurang 1,5 meter itu menghancurkan atap dan rangka atap kantor hingga rusak berat, serta mengakibatkan peralatan kantor lainnya jadi rusak. Sementara diperkirakan kerusakan mencapai Rp700 juta," kata Lurah Pasar, Donny Ikhsan kepada Haluan.

Untuk sementara lanjutnya, kantor lurah dipindahkan ke Pasar Remaja tepatnya diatas rumah coklat. Akan tetapi lanjut Doni, kondisi kantor sementara ini juga kurang baik, karena ada beberapa kobocoran diatapnya.

"Kami meminta kepada Walikota atau Wakil Walikota, agar diberikan bangunan yang dipakai sebagai rumah coklat itu sekarang, sehingga bisa memberikan kenyaman pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Selain itu sebut Doni, juga terjadi dua titik longsor menutup akses, dua longsoran dirumah kampung Teleng, pohon tumbang menimpa rumah warga di Pondok Batu.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD dan Tagana serta dibantu KSB, Linmas, Karang Taruna dan masyarakat untuk penanganan awalnya.

Sementara Sekretaris Camat Lembah Segar, Subandi saat meninjau kondisi kantor lurah Pasar sementara, Senin (30/12) mengungkapkan, keberadaan Kantor Pemerintahan untuk pelayanan kemasyarakatan memang sangat dibutuhkan. Karena itu, apapun dan bagaimanapun kondisinya, prinsip pelayanan kepada masyarakat harus tetap berjalan.

"Yang terpenting pelayanan kepada masyarakat bisa terus dilakukan atau tidak teganggu meski dengah kondisi kantor yang sementara. Berkat adanya kerjasama semua pihak sehingga lokasi sementara untuk kantor lurah ini, dapat teratasi. Kedepannya, tinggal kita pikirkan bersama dan untuk itu, kita harus tetap optimis dan semangat," ujar Subandi

Sebandi menambahkan, setidaknya ada 7 titik longsor dan pohon tumbang di wilayah Kecamatan Lembah Segar. Untuk penanaganannya telah dibantu bersama tim TRC BNPB, Tagana, KSB, Linmas, TNI, Polri dan masyarakat.

"Untuk kerugian keseluruhan belum dapat ditaksir, namun kepada masyarakat diminta kewaspasdaannya terutama saat hujan lebat turun," katanya.(dm)

Post a Comment

0 Comments