Ticker

6/recent/ticker-posts

FAKA Sawahlunto Dikukuhkan



dutametro.com, (SAWAHLUNTO) --Seluruh komponen di Kota Sawahlunto memiliki peran masing-masing dalam setiap pembangunan. Anak pun menjadi bagian penting, yang memiliki peran dalam pembangunan kota yang kini menyandang status heritage city tersebut.

Forum Anak Kota Arang (FAKA) Sawahlunto sebagai salah satu wadah yang telah berdiri sejak beberapa tahun terakhir, diharapkan mampu menjadi pelopor perubahan di lingkungan, dan aktif melakukan kegiatan yang mendukung realisasi hak anak.

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, ketika pengukuhan pengurus Forum Anak Kota Arang Sawahlunto periode 2019 – 2020, di Balaikota Sawahlunto, Jumat (13/12) lalu.

“Jika ada anak yang putus sekolah atau terjadi kekerasan terhadap anak, harapan kami, FAKA Sawahlunto dapat melaporkannya, sehingga bisa ditindaklanjuti dan dicarikan solusinya,” ungkap Zohirin Sayuti.

Didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMD-PPA), Dedi Syahendri, Wakil Wali Kota Zohirin Sayuti menegaskan pemerintah memiliki komitmen yang besar untuk melindungi hak anak.

Karenanya, lanjut Sekretaris Daerah Sawahlunto di era kepemimpinan Amran Nur tersebut, Pemerintah Sawahlunto menolak segala bentuk iklan rokok, termasuk tidak menerima sponsor rokok untuk berbagai perhelatan kota, meski sponsor rokok bisa melakukan pembiayaan iven.

Pemerintah, terangnya, juga komit menjadikan anak sawahlunto sebagai aktor pembangunan, melalui pelibatan anak dalam Musrenbang mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota.

Pengurus FAKA Sawahlunto periode 2019 - 2020, dipimpin Ilham Ronaldi, didampingi Wakil Ketua, M Sahal Hardiyan, dan Diva Alexandra sebagai Sekretaris. Sedangkan bendahara diamanahkan pada Wulan Delvi Rani.

Pengurus FAKA Sawahlunto 2019 – 2020 terdiri dari pelajar SLTP dan SLTA di Kota Sawahlunto. Kepala Bidang Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas PMD-PPA  Sawahlunto, Ns. Silvi Andriani mengungkapkan, FAKA Sawahlunto selain mendukung keberadaan Kota Sawahlunto menjadi Kota Layak Anak, forum tersebut juga berhasil memperjuangkan kehadiran satu unit bus sekolah di 2019 ini.

Satu unit kendaraan sekolah yang diraih dari bantuan kementerian tersebut, merupakan usulan FAKA Sawahlunto sejak tiga tahun terakhir. Kendaraan tersebut, direncanakan akan digunakan untuk mendukung kegiatan pendidikan di Kota Sawahlunto ke depan.(*)

Post a Comment

0 Comments