DIBUTUHKAN:
Kami perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan
media koran dan media online, membutuhkan
Biro untuk perwakilan di kabupaten / kota di seluruh
indonesia. Jika anda berminat hubungi:
MAIRIZAL: 081364368669 (whastapp)
SUCI MARTIA: 082170567303



dutametro.com (AGAM) - Kepatuhan dalam penyampaian Lapor Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) merupakan indikator dalam penilaian zona integritas dan indeks reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah daerah oleh Kementerian PAN dan RB.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Martias Wanto saat membuka sosialisasi penyampaian Lapor Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara melalui aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (SiHARKA), di aula kantor Bappeda Agam, Senin (30/12).

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris, Kasubag Umum dan Kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam mengikuti. ASN diwajibkan melaporkan kekayaan terhadap pengawas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Menurut Martias Wanto, Lapor Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) merupakan bentuk transparansi menuju pemerintahan yang good governance.

" Sosialisasi ini mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 1 Tahun 2015 tentang Kewajiban Penyampaian LHKASN di Lingkungan Instansi Pemerintah," katanya. 

Ia menjelaskan, bagi yang tidak melaporkan sesuai ketentuannya akan diberi sanksi yang tegas sebagaimana dalam peraturan pemerintah Nomor 53 tentang disiplin pegawai negeri sipil seperti akan berpengaruh terhadap pembayaran TPP. "Saya berharap melalui sistem aplikasi SiHARKA akan memudahkan aparatur sipil negara dalam mengisi data LHKASN secara online," ujar sekda.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Agam, Dafrines, Sistem ini bertujuan membangun integritas ASN dalam upaya pencegahan serta pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme.

" Pemerintah Kabupaten Agam sangat mendukung hal ini. seluruh ASN diwajibkan menyampaikan harta kekayaannya melalui aplikasi berbasis web SiHARKA," jelasnya. (dm)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
Selamat datang di Website www.Dutametro.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Mairizal,SH