Ticker

6/recent/ticker-posts

TDS ETAPE V, Pebalap Terkagum Keindahan Kota Payakumbuh



dutametro.com (PAYAKUMBUH) --Sebanyak 84 pebalap Tour de Singkarak (TdS) etape V resmi dilepas di garis star di kawasan wisata Ngalau Indah pada Rabu (6/11) sekitar pukul 10.00 WIB. Sekretaris Daerah (Sekda) Ridha Ananda melepas puluhan pebalap tersebut untuk saling berpacu jadi yang tercepat sampai ke garis finis di Kabupaten Agam.

Sebelum dilepas, rombongan TdS 2019 disuguhkan berbagai antraksi kesenian dan hiburan. Di antaranya penampilan marching band, pacu itiak, tari piring dan tampilan artis Minangkabau.

Saat pembukaan sebelum star, Sekdako Payakumbuh mengatakan, TdS merupakan momentum untuk mempromosikan daerah. "Karena itu kami menampilkan berbagai kesenian, tradisi, seperti pacu itiak dan musik sikatuntuang. Apalagi di seluruh dunia, kebudayaan ini hanya ada di Payakumbuh. Ini adalah momen untuk promosi daerah," jelas Ridha Ananda.

Dia berharap, ke depannya akan ada multiplayer efek yang dirasakan seluruh warga Kota Payakumbuh, termasuk UKM yang kini tengah giat-giatnya mempromosikan rendang Payakumbuh ke dunia internasional. "Melalui TdS inilah salah satu upaya promosi kita,"katanya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman mengatakan, usai star pebalap sempat berkeliling untuk melihat Kota Payakumbuh. Ada sejumlah objek wisata yang dilalui pebalap TdS. Seperti Ngalau Indah, jembatan Ratapan Ibu dan sejumlah titik lainnya. Setidaknya, dari 206 kilometer panjang etape V yang diperlombakan, 25 kilometer di antaranya berada di Kota Payakumbuh. 
Berikut rute yang dilalui pebalap TdS dari  Jalan Dipenogoro, Simpang Bypass, dilanjut ke Jalan Tan Malaka, kemudian belok kiri di depan rumah dinas ketua DPRD, lanjut ke Jalan KH Ahmad Dahlan.

Kemudian para pebalap akan belok kanan menuju Jalan Soedirman, belok kiri Jalan Ade Irma Suryani Simpang Benteng, Jalan Pacuan, berbelok ke kanan menuju Jalan Rasuna Said di depan dinas PU, belok kanan ke Jalan Ahmad Yani Labuah Basilang, belok kiri ke Jalan Soekarno Hatta Tugu Adipura, dan berlanjut ke arah Bukittinggi, sebelum akhirnya finish di Ambun Pagi, Kabupaten Agam.

Selama melintasi rute di etape V, TdS berjalan lancar dan aman. Dampak bagusnya jalan dan tingginya tingkat pengamanan, tidak terjadi insiden kecelakaan ataupun terjatuhnya pebalap. (*)

Post a Comment

0 Comments