DIBUTUHKAN:
Kami perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan
media koran dan media online, membutuhkan
Biro untuk perwakilan di kabupaten / kota di seluruh
indonesia. Jika anda berminat hubungi:
MAIRIZAL: 081364368669 (whastapp)
SUCI MARTIA: 082170567303



dutametro.com, (PADANG) -- Setelah warga bergotong royong membangun dalam dua tahun terakhir, akhirnya pemanfaatan Jalan Usaha Ekonomi Bancah Koto Baru, Limau Manis Selatan, Kota Padang diresmikan melalui penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, didampingi Direktur Utama PT Semen Padang, Yosviandri, Rabu (20/11).

Dalam sambutannya, Wali Kota Mahyeldi mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyalurkan bantuan atas pembangunan sarana jalan yang sangat memudahkan akses petani menuju kawasan perladangan tersebut, serta mengangkut hasil perladangan menuju pusat-pusat perdagangan.

"Tentu saja jalan ini terbangun dari buah kekompakan, serta bantuan banyak pihak seperti Semen Padang, PDAM, Harmaini Thalib, dan donatur lainnya. InsyaAllah, segala agenda lanjutan dari pembangunan ini akan kita sinergikan kembali ke depannya. Masyarakat Kota Padang ini pemurah. Bersedia korban tenaga dan bahkan harta, tinggal bagaimana kami di Pemko Padang menyambutnya," sebut Mahyeldi.

Sementara itu, Dirut PT Semen Padang, Yosviandri, dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Jalan Usaha Ekonomi Bancah ini dapat diterjemahkan sebagai penerapan dari ayat dalam Surat Arrahman dalam Alquran. Sebab, bantuan sebanyak apa pun yang diberikan, tidak akan ada artinya jika masyarakat tidak memanfaatkannya dengan baik.

"Maka nikmat mana lagi yang akan kita dustakan. Hampir dua tahun warga bergotong royong membangun jalan ini, setelah menyambut bantuan dari banyak pihak, termasuk dari Semen Padang yang menyalurkan 4.400 zak semen untuk pembangunan jalan ini. Maka hasilnya, jalan ini membuktikan kita tidak mendustakan nikmat itu, melainkan menyambutnya dengan semangat membangun," kata Yosviandri.

Di samping itu, Yosviandri berharap agar sisa jalan yang masih perlu diselesaikan di kawasan tersebut, dapat difasilitasi oleh Pemko Padang untuk pembangunannya. Sebab, kehadiran jalan tersebut sangat penting dalam upaya menderek perekonomian petani setempat, terutama dalam hal akses menempuh dan mengangkut hasil pertanian masing-masing.

Hal senada diutarakan oleh Syafril Aras selaku Ketua Panitia Pembangunan Jalan Bancah. Ia menurturkan, panjang jalan yang telah dibangun secara gotong royong sejak 14 Januari 2018 itu mencapai 3,2 kilometer. Sementara itu, masih tersisa lahan sepanjang 1,5 kilometer lagi yang juga perlu dibangun.

"Bantuan dari pihak ketiga dalam pembangunan ini sangat berarti bagi kami, di antaranya dari PT Semen Padang dalam bentuk 4.400 zak semen dan satu unit molen, dari Harmaini Thalib Pasir dalam bentuk kerikil sebanyak 2.350 m3, serta dari PDAM Kota Padang senilai Rp20 juta," sebutnya.

Apresiasi kepada para pihak yang menyalurkan bantuan, turut disampaikan Ketua Keltan Hutan Kemasyarakatan (HKM) Sikayan Balumuik, Salmi Bachtiar. "Jalan ini adalah berkah bagi para petani. Khususnya bagi kami di HKM yang mendapatkan izin pengelolaan hutan lindung sebanyak 300 ha. Dengan jalan ini, kami semakin mudah menjalankan misi perhutanan sosial, yaitu melestarikan hutan dan menyejahterakan masyarakat," sebut Salmi.

Di samping itu, Ketua KAN Limau Manih, Syafruddin Datuak Bungsu mengimbau agar anak kemenakan, terutama para petani dapat menjaga jalan yang telah dibangun tersebut, terutama dengan pemelihatan saluran air di bagian kiri dan kanan jalan tersebut. (mairizal)

0 komentar:

Post a Comment

 
Top
Selamat datang di Website www.Dutametro.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pemred: Mairizal,SH