Ticker

6/recent/ticker-posts

Wako Payakumbuh Terima Anugerah Pandu Negeri



dutametro.com, (PAYAKUMBUH) -- Dinilai berhasil membangun tata kelola dan budaya pemerintahan yang bersih, Pemerintah Kota Payakumbuh diganjar penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2019. Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat (25/10).

Anugerah yang diberikan Indonesian Instituse for Public Governance (IIPG) di bawah kepemimpinan Wapres RI 2009-2014, Boediono bertemakan "Membangunan Tata Kelola dan Budaya Pemerintahan yang Bersih, dalam Upaya Mendukung Transformasi Tata Kelola yang Berkelanjutan dalam Pelayanan Publik di Indonesia. Makanya, tiap tahun Yayasan Pengembangan Tata Kelola Indonesia melalui IIPG melakukan penilaian terhadap kinerja 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 99 kota di Indonesia.

Ketua Umum IIPG 2019 Sigit Pramono, penilaian yang dilakukan antara lain meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, kinerja pengembangan manusia, kinerja ekonomi, inovasi strategis serta pimpinan yang inovatif.

Disebutkan Sigit, APN merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk pemerintah provinsi, kabupaten/kota se-Indonesia yang memiliki kinerja dan tata kelola terbaik, serta pimpinan inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata-kelola.

“Harapannya, pemberian penghargaan bakal menginspirasi seluruh pemerintah daerah di Indonesia untuk berdiri tegak menjadi pandu Ibu Pertiwi,” tuturnya.

Sementara itu, Riza Falepi ketika dihubungi setelah menerima penghargaan APN kategori Silver itu mengatakan, penghargaan diperoleh setelah melalui penilaian yang ketat sekali dan dilakukan tim independen. Dilakukan secara berjenjang oleh dewan juri yang terdiri dari Komite Pengarah, Penyaring dan Penilai. “Alhamdulillah kami lolos dari penyaringan tersebut,” ucapnya. (*)

Post a Comment

0 Comments