Ticker

6/recent/ticker-posts

Selamat Bertugas Pak Jokowi

RESMI MENJABAT—Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, mengucapkan sumpah jabatan pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Suasana pelantikan berlangsung sederhana, aman, dan penuh khidmat, Minggu (20/10). IST


dutametro.com, (JAKARTA) —Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia (MPR RI) resmi melantik Joko Widodo dan Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih untuk masa jabatan periode 2019-2024. Pelantikan berlangsung di Ruang Rapat Paripurna I, Gedung MPR DPR RI, Jakarta, Minggu (20/1).

Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia dipimpin oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet), dimulai tepat pukul 15.30 WIB. Agenda dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya. Bamsoet kemudian menyampaikan kata sambutan di hadapan 689 tamu undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Bambang memberikan ucapan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Ia juga mengucapkan selamat atas kinerja dari pemerintahan Kabinet Kerja yang diusung oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada periode sebelumnya (2014-2019).

Sebelum Presiden dan Wakil Presiden melakukan sumpah dan penandatanganan berita acara di hadapan Pimpinan MPR RI, Bamsoet membacakan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2019.

"Bismillahirrahmannirrahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Jokowi di Gedung MPR/DPR, Jakarta,  sebagaimana dirilis oleh Humas Kemensetneg.

Setelah Jokowi, giliran Ma'ruf Amin yang mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden. "Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Ma'ruf Amin.

Usai pengambilan sumpah, Jokowi dan Ma'ruf Amin menandatangani berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan oleh pimpinan MPR. Jokowi dan Ma'ruf Amin terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden dengan perolehan suara 85.670.362 dengan 55,5% suara Sah. Keputusan ini dibacakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum, Arif Budiman pada 30 Juni 2019.

Pelantikan ini dihadiri Presiden RI Kelima Megawati Soekarno Putri, Presiden RI Keenam Soesilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden RI Kesembilan Hamzah Haz, Wakil Presiden RI Kesebelas Boediono, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Negara serta Utusan Negara-Negara Sahabat, Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, dan anggota parlemen MPR DPR RI.

Usai pelantikan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung kembali ke Istana Merdeka Jakarta diiringi oleh rangkaian pasukan pengamanan presiden (paspampres). Ia diagendakan bertemu dengan tamu negara sahabat dan relawan pendukungnya.

Lebih Sederhana
Pelantikan Jokowi pada periode kedua ini, jauh berbeda ketimbang pelantikan Jokowi-Jusuf Kalla sebagai presiden dan wapres pada 2014 silam. Kala itu, keduanya diarak dengan kereta kencana menuju Monas setelah dilantik. Rangkaian acara dirancang cukup meriah. Ditanya soal hal ini, Jokowi pun menjelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan menyesuaikan situasi saat ini.

"Ya, karena kita juga menyesuaikan pada situasi yang ada," ucap Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10), dikutip dari liputan6.
Jokowi mengaku cukup senang dengan pelantikannya yang berjalan dengan khidmat dan dihadiri oleh kepala negara sahabat. Tercatat, ada 17 kepala negara yang menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf ini. "Kita patut bersyukur bahwa pelantikan hari ini juga dihadiri oleh para kepala negara,” sebutnya lagi.

Jokowi pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang telah mengawal jalannya pelantikan presiden dan wakil presiden. "Saya ingin ucapakan terima kasih sebesar-besarnya kepada TNI, Polri, dan BIN yang sudah menjaga keamanan, terutama jelang pelantikan. Kerja keras ini patut diapresiasi," kata Jokowi .

Usai dilantik, Jokowi diagendakan menemui sejumlah tamu negara di Istana Merdeka, Jakarta. Bahkan, acara ini akan berlangsung hingga malam nanti. "Malam hari ini saya masih menerima beberapa wakil presiden, mungkin nanti sampai jam sembilan malam," ucap Jokowi lagi. (vand)