Ticker

6/recent/ticker-posts

RUMAH GADANG RAJO IBADAT DAN RUKO LUDES TERBAKAR

Masyarakat bersama anggota Polsek Lubuk Tarok saling bahu-membahu memadamkan api di Jorong Jambulipo, Kenagarian Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok, Selasa (22/10).


dutametro.com, (SIJUNJUNG) -- Sijago merah mengamuk di Kecamatan Lubuk Tarok, di saat pemilik rumah tertidur lelap, Selasa (22/10) di Jorong Jambulipo, Kenagarian Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok. Akibat amukan sigelumbai tersebut, Rumah Gadang Rajo Ibadat (Rajo Tongah,red) dan ruko milik warga bernama Izil (42) ludes terbakar.

Dari informasi yang diperoleh, musibah kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 02.30 WIB, di mana pada jam tersebut warga sedang tertidur lelap. Diduga sumber api berasal dari arus pendek listrik yang berada di kios mini BBM milik Izil.

"Api tiba-tiba saja menyala dan sudah membesar, serta menyambar tabung gas elpiji dan melalap sepeda motor Vario BA 5343 K dan mobil APV BA 1921 KB, sehingga dentuman suara ledakan pun terjadi," kata Acan (18), salah seorang pemuda setempat.

Setelah membumi hanguskan warung milik Izil, api pun kembali melahap Rumah Gadang Rajo Tongah (Rajo Ibadat,red) Rumah Gadang limo ruang yang berada di samping bangunan yang terbakar tersebut.

Masyarakat pun berbagai cara untuk melakukan pemadaman termasuk anggota Polsek Lubuk Tarok di bawah pimpinan AKP Syafruddin Arief saling bahu-membahu memadamkan api. Namun naas, hebatnya kobaran api meluluhlantakan seluruh isi ruko milik Izil dan Gadang Rajo Tongah (Rajo Ibadat,red) Rumah Gadang limo ruang luluhlantak.

Api mulai berangsur padam sekitar pukul 05.00 WIB, setelah  dua unit mobil pemadam kebakaran Sijunjung dikerahkan ke lokasi kejadian setelah mendapatkan laporan dari warga masyarakat. 

"Setalah mendapatkan laporan dan informasi kebakaran dari masyarakat, kita langsung bergerak dan mengerahkan dua unit mobil pemadam ke lokasi kejadian," ujar Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Sijunjung, Efigon.

Efigon menambahkan, akibat kebakaran tersebut kerugian belum bisa ditaksir secara pasti, namun ditaksir sekitar Rp2 miliar. Seperti kerugian yang dialami Izil, kerugian ruko Izil ditaksir Rp600 juta belum lagi mobil AVP dan sepeda motor vario miliknya. Begitu juga kerugian yang dialami Rumah Gadang Rajo Tongah.

"Kerugian akibat kebakaran tersebut diperkirakan Rp2 miliar, sementara itu sumber api diduga dari arus pendek listrik dari kios mini BBM milik Izil, namun pastinya kita serahkan kepada pihak kepolisian," ujarnya. 

Dari informasi yang diperoleh, dalam musibah kebakaran tersebut juga memakan korban, salah seorang warga menderita luka bakar dibagian wajah saat berusaha ikut memadamkan api. (dm)