Ticker

6/recent/ticker-posts

Peringati HUT ke-5, Ribuan Santri Ikuti Upacara Bendera




Upacara Hari Jadi Santri ke-5 pada 2019 di Pessel ditandai dengan pengibaran bendera merah putih di halaman Kantor Bupati Pessel.

dutametro.com, (PAINAN)  -- Ribuan santri di daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengikuti rangkaian upacara Peringatan Hari Santri ke-5 pada 2019 dengan tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Painan, sedangkan yang menjadi inspektur upacara adalah Kapolres Pessel, AKBP Cepi Noval, Selasa (22/10).

AKBP Cepi Noval mengatakan, meskipun peserta upacara diguyur hujan gerimis, namun antusias masyarakat cukup tinggi mengikutinya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Pessel, Ermizen, Sekdakab Pessel, Erizon, anggota Forkopimda, serta pejabat esselon II dan III dalam lingukungan Pemkab Pessel.

Cepi Noval menyampaikan amanat tertulis Menteri Agama RI mengatakan, penetapan hari santri tersebut sebelumnya dilakukan pada 2015 dengan keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015, serta merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihat" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan negara.

Menurutnya, para pesantren merupakan laboratorium perdamaian dan pesantren merupakan lahan untuk menyemai Islam rahmatul alamain. Pernyataan pesantren sebagai laboratorium perdamaian didukung alasan yang mendasar, di antaranya pesantren memiliki prinsip kepentingan umum (maslahat). Pesantren sejak lama telah menanaman nilai-nilai spiritual.

Sementara Plt Kakan Kemenag Pessel, Marjanis mengatakan, peringatan hari santri di Pessel tahun ini lebih istimewa, karena bertepatan dengan dikeluarkannya Undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren. Kemudian kegiatan tersebut dimeriahkan oleh pawai taaruf, tabliq akbar dan zikir bersama yang dipusatkan di Masjid Akbar Baiturraman dan para undangan lainnya. (dm)