Ticker

6/recent/ticker-posts

PROYEK REVITALISASI PANTAI AIR MANIS RAMPUNG AKHIR TAHUN INI



dutametro.com, (PADANG) -- Pengerjaan proyek revitalisai Pantai Air Manis dan Batu Malin Kundang untuk saat ini sudah mencapai 50 persen. Sesuai dengan kontrak, proyek yang dipegang langsung oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini  akan selesai pada akhir tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Padang, Arfian, Minggu (27/10). Ia mengatakan, proses pengerjaan sudah berlangsung kurang lebih 2 bulan. 

"Secara teknis kami tidak mempunyai wewenang dalam pengerjaan, tapi secara kasat mata kami menilai pengerjaan sudah mencapai 50 persen," ujar mantan camat terbaik se-Sumbar ini.

Ia mengatakan, untuk saat ini pengerjaan sudah mencapai di lokasi Batu Malin Kundang. Pengerjaan revitalisasi ini sempat mendapatkan permasalahan, yakni penolakan dari warga yang berjualan di lokasi Batu Malin Kundang. 

"Kami tentu tidak ingin adanya hambatan dalam pengerjaan ini sampai dengan pengerjaan selesai nanti. Kami terus melakukan pendekatan kepada warga yang berjualan tersebut," sebutnya.

Pendekatan dan diskusi dengan warga, juga melibatkan camat, lurah, polisi dan TNI. Hal ini untuk memastikan pengerjaan berjalan dengan aman dan selesai tepat waktu. 

"Kami terus mencarikan solusi untuk warga tersebut agar mereka tidak merasa dirugikan. Pokoknya kita bersama akan mencarikan tempat atau lokasi yang baik untuk mereka," katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya pengerjaan revitalisasi ini merupakan kebaikan untuk semua pihak, baik pemerintahan, masyarakat dan pengunjung. Dengan selesainya revitalisasi ini nantinya tentu akan membuat kunjungan meningkat.

"Dengan revitalisasi pengunjung akan lebih merasa nyaman. Sehingga kunjungan meningkat dan pendapatan warga yang berjualan juga dapat meningkat. Kalau kami tentu diuntungkan dengan PAD yang naik," sebutnya. 

Sebelumnya, Arfian mengatakan, revitalisasi yang dilakukan ini, yaitu pembangunan pedestrian sepanjang bibir pantai. Selanjutnya membangun taman yang akan membuat pantai lebih sejuk dan nyaman. Sedangkan untuk batu malin kundang akan diperbaiki tanpa adanya perubahan bentuk awal.

"Karena batu Malin Kundang yang sekarang, beberapa bagiannya tertimbun sehingga direvitalisasi untuk memunculkannya ke permukaan," katanya

Ia mengatakan anggaran untuk revitalisasi bersumber dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian PUPR sebesar Rp15 miliar. (vand)


Post a Comment

0 Comments