Ticker

6/recent/ticker-posts

Polres Sawahlunto Ungkap Tiga Kasus Curas



Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur, saat memberikan keterangan kepada awak media di Mapolres Sijunjung Sabtu kemarin terkait dengan kasus curas yang berhasil diungkap melalui Operasi Sikat

dutametro.com, (SAWAHLUNTO) -- Tiga kasus berhasil diiungkap jajaran Polres Kota Sawahlunto dalam dua pekan Operasi Sikat. Operasi sikat yang digelar 5 - 18 Oktober 2019 meringkus tiga tersangka di tiga lokasi dengan kasus pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

Kapolres Sawahlunto, AKBP Junaidi Nur, mengatakan, pihaknya mengamankan tersangka Febi (25), dalam kasus pencurian monitor dan kontroler alat berat pada pertengahan 2016 bersama tiga orang pelaku lainnya. Dua orang diantaranya lanjut Kapolres, sudah dijatuhi vonis dan menjalani hukuman.

"Tersangka buron selama lebih kurang tiga tahun dan berhasil diciduk saat kembali ke kampungnya, yakni Desa Kolok Nan Tuo Kecamatan Barangin. Sedangkan satu rekannya lagi masih dalam daftar pencarian orang," katanya, Sabtu (19/10), di Mapolres setempat.

Dia menambahkan, tersangka bersama komplotannya, berhasil mengambil dua unit monitor dan tiga unit kontroler. Akibat perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal 363 ayat 2 yo pasal 55 ayat 1 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

Masih dalam Operasi Sikat, sebut Kapolres yang didampingi Kasat Reskrim, AKP Julkpli Ritonga, tim Opsnal Satreskrim Polres Sawahlunto berhasil mengamankan Alfudin (21), pada 14 Oktober 2019. Ia diamankan saat akan melakukan pencurian di sebuah ruko di Dusun Guguak Sumbayang, Desa Kolok Nan Tuo. Dari pengakuan tersangka lanjutnya, ia bermaksud akan mencuri dan aksi tersebut merupakan yang kedua kalinya.

"Yang terbaru, kita membekuk tersangka Sofik S (43). Penangkapan berawal kecurigaan tim patroli terhadap tersangka. Saat didatangi pelaku lari dengan meninggalkan sepeda motor miliknya. Dari identitas kendaraan itu kita mengetahui pemiliknya. Saat dilakukan pengecekan di sekitar lokasi, ternyata ada warga yang mengalami kerugian puluhan besi pancang dan besi ulir," tuturnya. (h/rki)

Teks Foto
Kapolres Sawahlunto, AKBP. Junaidi Nur didampingi Kasat Reskrim, AKP Julkipli Ritonga, saat pengungkapan kasus dalam Operasi Sikat, Sabtu (19/10). (dm)