Ticker

6/recent/ticker-posts

Pessel Fasilitasi Kebutuhan Tenaga Kerja ke Jepang


Bupati Hendrajoni melakukan penandatanganan MoU dengan Direktur PT Gita Abassy Sumatera, Gita Paradila Sandi di halaman kantor bupati setempat.


dutametro.com, (PAINAN) -- Sebagai tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel) dengan PT Gita Abassy Sumatera melakukan perjanjian kerja sama tentang penempatan tenaga kerja ke Jepang.

Bupati Pessel, Hendrajoni menyebutkan, pihaknya melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat bakal membuat semacam program pelatihan bahasa Jepang bagi calon tenaga kerja yang nantinya ingin berangkat ke Jepang.

"Ya, ini merupakan kesempatan terbaik bagi putra-putri Pessel yang ingin mengubah nasibnya dengan bekerja di Jepang. Pemkab turut mendukung penuh peluang-peluang seperti ini," katanya di Painan, Senin (21/10).

Bahkan, kata Bupati, untuk permasalahan biaya keberangkatan calon tenaga kerja, pihaknya bersedia menjamin pengajuan pinjaman kepada perbankan setempat. "Jika tidak ada biaya, bakal kami fasilitasi untuk pengajuan pinjaman kepada pihak perbankan," tuturnya. 

Sementara itu, Direktur PT Gita Abassy Sumatera, Gita Paradila Sandi mengatakan, pihaknya tahun ini bakal mengirim sebanyak 30 tenaga kerja terampil di bidang kesehatan dan restoran ke Jepang.

"Untuk pengiriman tahap pertama ini, pelatihan budaya dan bahasa Jepang bakal difasilitasi oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pessel dengan perjanjian MoU," ucapnya. (dm)