Ticker

6/recent/ticker-posts

Pariaman Tengah Juara Umum Hari Santri Nasional

Wali Kota Pariaman, Genius Umar didampingi Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyudin menyerahkan piala bergilir Wali Kota Pariaman lomba memperingati Hari Santri Nasional di Kota Pariaman, Selasa (22/10).
dutametro.com, (PARIAMAN) -- Kecamatan Pariaman Tengah berhasil meraih juara umum dan mendapatkan piala bergilir Wali Kota Pariaman dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 2019 di Kota Pariaman.

"Dalam rangka memeriahkan Hari Santri Nasional 2019, kita mengadakan sejumlah lomba yang menjadi ajang mempererat silaturahmi antar santri di Kota Pariaman," kata Kepala Kantor Kementerian Agama, Pariaman, M Nur usai upacara peringati Hari Santri Nasional di halaman kantor Wali Kota Pariaman, Selasa (22/10).

Ia menyampaikan, kegiatan ini didukung penuh oleh pemerintahaan Kota Pariaman dan wali kota juga memberikan piala bergilir Wali Kota Pariaman. Tentu dengan adanya piala bergilir, kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahunnya di Kota Pariaman.

"Saat ini Kecamatan Pariaman Tengah berhasil menjadi juara umum, di mana kegiatan ini dilaksanakan dengan peserta berasal dari masing-masing kecamatan di Kota Pariaman, dengan adanya piala bergilir wali kota, ini sebagai sinyal dari wali kota untuk dilaksanakannya kegiatan serupa setiap tahunya," katanya.

Ia megatakan, lomba yang dilaksanakan itu adalah metari-materi khusus yang dipelajari di Pondok Pasantren (Ponpes), di antaranya tilawah Quran, tartil dan hafil Quran. Lomba ini adalah pelajaran pokok yang ada di ponpes. "Itu materi pokok, ke depannya di samping hafiz Quran kita juga akan mempersiapkan hafiz hadis untuk tahun depan," katanya.

Ia menyampaikan, untuk saat ini Kota Pariaman memiliki empat ponpes dengan jumlah santri sekitar 450 orang. Ke depan Kota Pariaman akan ada satu pondok pasantren dangan fasilitas setara hotel bintang 3. "Saat ini kami tengah mempersiapkan pasantren di Kota Pariaman. Pasantren ini memiliki fasilitas setara hotel bintang tiga, memiliki AC dan sebagainya," kata M Nur. (dm)