Ticker

6/recent/ticker-posts

Padang Punya Komite Ekonomi Kreatif




dutametro.com, (PADANG) -- Keberadaan Komite Ekonomi Kreatif di Kota Padang akan dapat menjadi wadah yang menfasilitasi pelaku ekonomi kreatif dalam mendukung pengembangan ekonomi digital di Kota Padang. 

Berkembangnya pelaku ekonomi kreatif di Kota Padang diyakini dapat menjadi jalan keluar mengatasi permasalahan yang ada, seperti pengangguran dan kemiskinan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah saat mengukuhkan Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang periode 2019-2021, di ruang Abu Bakar Jaar Balaikota Padang, Senin (28/10).

Mahyeldi mengatakan, keberadaan ekonomi kreatif dapat menjadi pengungkit daya saing pertumbuhan ekonomi Kota Padang, sehingga keberadaanya akan mampu meningkatkan daya saing daerah di tingkat Nasional. 

“Ini dapat berkembang denga  komitmen dari semua pihak, baik Pemda, komunitas, akademisi agar pengembangan kota kreatif dapat dilakukan secara berkelanjutan,” katanya.

Maka, diperlukan langkah kongkret, sinergitas dari anggota Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang bersama pemangku kepentingan lainnya dalam merancang kebijakan pengembangan ekonomi kreatif serta mengawal dan mewujudkan rencana aksi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang.

"Sebagai kota kreatif, Kota Padang mempunyai banyak pelaku industri kreatif maupun komunitas ekonomi kreatif. Saya berharap agar Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang bisa mengarahkan dan mengembangkan sektor-sektor industri kreatif yang ada di Kota Padang," katanya.. 

Ia mengatakan, pada 2017 Kota Padang telah ditetapkan sebagai kota kreatif di bidang seni pertunjukan yang didukung oleh subsektor fashion, kuliner, kriya dan aplikasi oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

"Untuk itu, Kota Padang sebagai kota kreatif harus mampu menggerakkan partisipasi dan berkolaborasi bersama lintas stakholdet terkait untuk mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang ada secara berkelanjutan," ujarnya. 

Ia menyebutkan, Pemko Padang terus mengupayakan jumlah pelaku usaha di bidang ekonomi kreatif terus meningkat. Upaya ini ditindaklanjuti dengan kegiatan pembinaan dan promosi melalui pelatihan dan pameran sebagai wadah untuk memasarkan produk.

“Selain itu, Pemko Padang juga membangun komitmen, membenahi regulasi dan mengaktualisasikan pertumbuhan ekonomi sehingga pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan masyarakat,” katanya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian Perekonomian Kota Padang, Swesti Fanloni mengatakan, keberadaan dari komite ekonomi kreatif diharapkan mampu menelaah dan menganalisis isu-isu strategis dalam pengembangan ekonomi kreatif di Kota Padang.

"Komite ekonomi kreatif merupakan wadah yang menampung kebutuhan pelaku ekonomi kreatif. Sehingga nanti kebijakan kita juga mendukung dari pengembangan ekonomi kreatif. Makanya kebanyakan dari yang dilantik menjadi pengurus merupakan pelaku ekonomi kreatif yang telah berkecimpung," ujarnya.

Nama-nama pengurus Komite Ekonomi Kreatif Kota Padang, Ketua Donar Games,  Wakil Ketua Hafrizal Okta Ade Putra, Sekretaris Tandri Eka Putra dan Oxsa Picasso. (vand)

Post a Comment

0 Comments