Ticker

6/recent/ticker-posts

Padang Panjang Barat Canangkan KKG


TP PKK Kecamatan Padang Panjang Barat, mencanangan KKG (Kegiatan Kesatuan Gerak) PKK-KKBPK - Kesehatan di Aula Kantor Camat Padang Panjang Barat, Selasa (15/10

dutametro.com, (PADANG PANJANG) –  TP PKK Kecamatan Padang Panjang Barat, mencanangan KKG (Kegiatan Kesatuan Gerak) PKK-KKBPK - Kesehatan di Aula Kantor Camat Padang Panjang Barat, Selasa (15/10). Pencanangan tersebut dihadiri oleh puluhan kader PKK se-Kecamatan Padang Panjang Barat.

Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK bersama OPD terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik formal maupun non formal. Dalam pelaksanaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan telah banyak menunjukan nilai positif dan hasil yang nyata di tengah masyarakat serta mendapatkan pengakuan yang luas sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat.

Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Panjang Barat, Dessy Chardena Fhandy, mengatakan, Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) tersebut  adalah kegiatan mitra antara PKK KKBPK dan Dinas Kesehatan yang dilaksanakan selama enam bulan dari bulan Juli hingga Desember nanti. Tujuannya adalah meningkatkan cakupan pelayanan yang berasal dari usaha kesehatan lingkungan di rumah yang bersih dan sehat serta berkualitas.

“Kegiatan ini telah kami lakukan di sekitar Kecamatan Padang Panjang Barat, baik PKK kecamatan maupun kelurahan. Targetnya kami menjadi mitra yang baik antara PKK, KKBPK dan kesehatan. Kami berusaha meningkatkan jumlah kelompok dasawisma, meningkatkan kualitas dan kuantitas posyandu, serta memberikan pembinaan kepada Pokja Posyandu,” tutur Dessy Chardena Fhandy.  

Dikatakan Dessy Cahrdena Fhandy, PKK Kecamatan juga rutin memberikan sosialisasi mengenai rumah tangga yang berpola kehidupan bersih dan sehat, serta meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat yang dikenal dengan istilah germas

“Lalu sosialisasi mengenai IVA yang baru saja kita gelar Jumat kemarin, kita lakukan bersama PKK Kota Padang Panjang dan pelayanan KB kesehatan di Puskesmas, dan pada hari ini (kemarin-red) akan digelar juga pemeriksaan IVA test kecamatan Padang Panjang Barat,” pungkasnya.

Camat Padang Panjang Barat Fhandy Ramadhona berharap melalui pencanganan KKG PKK KKBPK-Kesehatan 2019 ini, kader PKK dapat mengoptimalkan peran dan fungsi dalam mendukung program pemerintah di bidang kesejahteraan dan kesehatan penduduk.

“Kami berharap, dengan adanya pencanangan ini, PKK dapat berperan secara optimal demi terwujudnya program pemerintah di bidang kesejahteraan penduduk,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Panjang yang di Wakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum, dan Politik, Desmon, mengatakan, pencanangan KKG PKK-KKBPK-Kes ini mengangkat tema yang mengandung makna bahwa program PKK mempunyai misi untuk membawa keluarga Indonesia menjadi keluarga sejahtera dan mempunyai ketangguhan membangun masa depan bangsa dalam menghadapi tantangan global, meningkatkan kualitas hidup keluarga Indonesia.

"Kami mengajak semua pihak untuk bergotong-royong membangun keluarga yang produktif, lebih unggul dan lebih kuat serta memaksimalkan fungsi pembinaan keluarga demi terciptanya keluarga bahagia yang melahirkan generasi bangsa berkualitas. Lewat pencanangan ini mari kita bekerjasama mengelola pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas masyarakat dan keluarga," pungkas Desmon. (dm)