Ticker

6/recent/ticker-posts

Padang Kaji Kembangkan Industri Perikanan




dutametro.com, (PADANG) – Dengan sumber daya alam, ketersediaan ikan, area melaut yang dekat dan kondisi perairan yang mendukung, industri kelautan dan perikanan di Kota Padang merupakan potensi dan peluang untuk dikembangkan. Ini juga didukung dengan sarana dan prasarana yang ada di Kota Padang

“Industri kelautan dan perikanan di Kota Padang didukung dengan keberadaan Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus yang mempunyai sarana dan prasarana yang lengkap,” ujar Wali kota Padang, Mahyeldi Ansharullah saat membuka Seminar Nasional di salah satu hotel, Kamis (24/10).

Dalam seminar yang bertema meningkatkan Industri Kelautan dan Perikanan Berbahan Baku Unggulan untuk Kesejahteraan Pelaku Usaha Perikanan ini, Mahyeldi mengatakan, pihaknya akan mengkaji berbagai faktor yang mempengaruhi pengembangan industri perikanan di Kota Padang. Peserta akan memberikan berbagai gagasan dan saran agar memperoleh manfaat dari pengembangan industri perikanan.“Pengembangan industri perikanan ini sejalan dan juga mendukung misi Pemerintah Kota Padang ke-3 meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif,” katanya.

Ia mengatakan, langkah-langkah yang akan dilakukannya ke depan, yakni meningkatkan teknologi industri perikanan yang inovatif. Memperkuat basis dan sistem produksi bahan baku dan komoditas perikanan unggulan.“Mempercepat peningkatan dan perluasan ekspor produk-produk perikanan dan konsumsi luar negeri,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang Guswardi mengatakan, peserta seminar ini sebanyak 150 orang. Peserta terdiri dari utusan IORA, Dinas Kelautan dan Perikanan se-Sumatera Barat, pelaku usaha, perguruan tinggi dan organisasi.

“Sesuai tema, seminar ini bertujuan untuk peningkatan daya saing industri kelautan dan perikanan berbahan baku unggulan. Muaranya nanti untuk kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kota Padang,” ulas Guswardi.

Dalam seminar ini, pihaknya menghadirkan keynote speaker Dr. Sharif Cicip Sutarjo, SH, MH yang pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2011 – 2014. Selaku narasumber Direktur Pengolahan dan Bina Mutu Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, KKP RI Innes Rahmania, A.Pi.S.Sos.MM. dan narasumber dari akademisi sektor kelautan dan perikanan, Dr.Ir.H. Eyviet Nasmar, MS. (vand)


Post a Comment

0 Comments