Ticker

6/recent/ticker-posts

Padang dan Bengkulu Kerjasama Program Keumatan



Wali Kota Padang Mahyeldi, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa seusai penandatanganan kerjasama di Ruang Abu Bakar Jaar, Balai Kota Padang, Selasa (22/10). Humas

dutametro.com, (PADANG) -- Untuk menghadirkan masyarakat yang religius dan bahagia, Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan Pemko Bengkulu sepakat untuk menjalin kerjasama program keumatan. Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan di Ruang Abu Bakar Jaar, Balai Kota Padang, Selasa (22/10). 

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah  mengatakan, kerjasama yang dijalin dengan Pemko Bengkulu ini merupakan bentuk konsistensi kedua daerah dalam meningkatkan kepedulian terhadap umat. Dimana kerjasama ini akan menjadi energi baru bagi Pemko Padang untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas program-program religius yang telah dilaksanakan di Kota Padang. 

“Banyak hal yang bisa kita pelajari dari Pemko Bengkulu, begitu juga sebaliknya. Kerjasama ini harus terencana dengan baik, terpadu, terkoordinasi, menyeluruh dan berkelanjutan," ujarnya didampingi Wakil Wali Kota Hendri Septa.

Ia mengatkan, program religi dan penguatan keumatan yang ada di Kota Padang sejauh ini bisa dikatakan berjalan dengan baik dan tetap menjadi idola di tengah-tengah masyarakat. Seperti, pelaksanaan pesantren ramadan, berpakaian muslim bagi pelajar, subuh mubarokah, wirid remaja dan remaja masjid, magrib mengaji, program 18-21, kembali ke meja makan, dan program lainnya.

“Program-program tersebut untuk menciptakan generasi masa depan yang berkarakter, religius, berakhlak mulia, dan memiliki masa depan yang cerah," katanya. 

Sementara itu, Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mengatakan, perjanjian kerjasama dengan Pemko Padang sebagai bentuk upaya dalam mendatangkan manfaat dan meningkatkan kebahagian masyarakat melalui APBD yang pro rakyat. 

“Di Kota Bengkulu, berbagai program keumatan dalam meningkatkan kebahagian masyarakat juga telah dilaksanakan. Seperti, mobil dinas pimpinan digunakan untuk pernikahan warga miskin, Jumat berkah dengan membagikan 1.000 nampan, Masjid buka 24 jam dalam melayani amalan warga, listrik dan air gratis bagi masjid dan program lainnya," sebutnya

Dalam kerjasama ini, katanya, merupakan upaya dalam memakmurkan masjid sesuai dengan kearifan lokal daerah masing-masing. (vand)