Ticker

6/recent/ticker-posts

MGMP SMK Kota Padang Adakan Seminar Parenting




dutametro.com, (PADANG) -- Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKN Sekolah Menengah Keatas (SMK) Kota Padang mengadakan Seminar Parenting yang bertajuk "Memperkuat karakter anak didik menuju generasi milenial 4.0" yang diselenggarakan di Auditorium gubernur Sumatera Barat, Senin (28/10).

Dalam sambutannya, Gubernur sumatera Barat, Irwan Pryitno mengatakan, dengan diadakannya seminar ini untuk lebih menekankan dan menanamkan pentingnya pendidikan berkarakter kepada peserta didik. Karena selain menuntut kompetensi pendidikan yang diterapkan di sekolah juga dengan memaksimalkan kecakapan dan kemampuan kognitif.

" Jadi ini jadi perhatian bagi guru di sekolah dan sangat berpengaruh dalam mendidik jika dijaga dengan baik sehingga muncul karakter yang baik bagi peserta didik, tidak hanya di sekolah pembentukan karakter juga ditentukan oleh faktor keluarga dan lingkungan masyarakat. Sehingga faktor pendidikan karakter dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat. Yang penting orientasi pada anak berlandaskan agama karena anak merupakan fitrah", ujarnya.

Ia menambahkan dengan adanya seminar parenting ini sangat bermanfaat dengan membentuk kepripadian yang tangguh, berakhlak mulia, bermoral yang berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga nilai-nilai pembentukan karakter melalui program operasional satuan pendidikan sekolah  tercapai.

Senada dengan itu, ketua pelaksana MGMP SMK Kota Padang, Nilam Suri menyampaikan, acara ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ini yang diikuti oleh guru mata pelajaran PPK, PAI, dan guru BK serta perwakilan orangtua dan para tokoh. Narasumber yang dihadirkan yaitu gubernur Sumbar. Hal ini dilakukan guna mempersiapkan generasi muda menghadapi era milenial 4.0.

"Dengan adanya seminar parenting ini guru, perwakilan orangtua dan para tokoh dibekali pendidikan karakter yang dipaparkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat bagaimana guru dan orangtua membesarkan anak didik yang berkarakter dan mempersiapkan generasi muda menghadapi era milenial 4.0 dan menanamkan sikap nasionalis dan patriot dikalangan guru serta peserta didik. Karena guru PPKN merupakan leading sector dalam penerapan pendidikan karakter di sekolah", ucapnya.

Ia menambah, dalam era milenial 4.0 dengan perkembangan teknologi yang sangar pesat maka para peserta didik perlu dibentengi dengan akhlakul karimah atau pendidikan agama. Karena pendidikan karakter ini merupakan program nasional pemerintah yang dicanangkan melalui program nawacita.

"Dalam rangka menghadapi era milenial ini menjadi tantangan bagi para guru khususnya mata pelajaran PPKN harus bekerja keras dan memberikan contoh tauladan bagi peserta didik tidak hanya di sekolah tapi juga di rumah. Melalui forum ini kami memanggil orangtua agar ikut serta memperhatikan dalam membentuk karakter peserta didik baik itu sikap maupun lasih sayang di keluarga", tutupnya. (vand)


Post a Comment

0 Comments