Ticker

6/recent/ticker-posts

LUTHFI DAN KARTIKA DEWI, Duta Wisata Sumbar 2019



dutametro.com, (PADANG) --- Muhammad Luthfi Akbar dari Pesisir Selatan dan Kartika Dewi dari Kabupaten  Dharmasraya, akhirnya tampil sebagai pemenang Uda dan Uni Duta Wisata Sumbar 2019. Mereka berdua terpilih pada malam grand final uda dan uni duta wisata Sumatera Barat yang digelar Dinas Pariwisata Sumbar di Convention Center Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STKIP), Gunung Pangilun, Jumat malam (25/10).

Atas prestasinya itu, masing-masing mereka berhak mendapatkan hadiah berupa uang Rp5 juta, tropi serta piagam penghargaan serta hadiah lainnya. Dan selama setahun ke depan mereka akan menjadi duta Sumbar untuk memperkenalkan pariwisata Sumbar pada tamu tamu yang datang ke Sumbar di berbagai iven.

Selain Luthfi dan Kartika, ada empat pasang uda dan uni lagi yang masuk lima besar. Mereka adalah Wakil I Valendrio Allent Putra (Agam) dan Rattu Vemilla Aino (Kota Payakumbuh), Wakil II Bayu Fernanda (Kota Padang) dan Mutiara Hasanah (Kabupaten 50 Kota). Berikutnya Harapan I Fadhil Maulana S (Bukittinggi) dan Fika Fionora (Kota Padang) serta Harapan II Edo Pratama (Pasaman Barat) dan Maisyitah (Kabupaten Pasaman).

Wakil Gubernur Sumatra Barat, Nasrul Abit saat membuka kegiatan tersebut menyebutkan, Uda Uni Sumbar sebagai duta wisata harus mampu melestarikan dan memperkenalkan budaya serta pariwisata Sumbar.

Tidak hanya itu, juga diharapkan mampu bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat. “Paling penting, Uda Uni Sumbar mesti terus memperkenalkan wisata halal yang serius dikembangkan pemerintah daerah. Mereka juga harus bersinergi dengan berbagai lapisan,” ujarnya.

Nasrul Abit berpesan, Uda Uni Duta Wisata agar lebih giat mempromosikan semua aspek wisata di Sumatera Barat, termasuk hasil kerajinan dan produksi daerah yang menjadi unggulan.

“Duta wisata bukan semata mengenalkan beragam tempat rekreasi saja, namun juga kreatif dan inovatif. Salah satunya memberikan rekomendasi terkait program wisata yang dilaksanakan pemerintah,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar diwakili Taufik R menyebutkan, acara pemilihan Uda-Uni Duta Wisata Sumbar bertujuan mencari talenta muda yang memiliki karekteristik, kepribadaian yang bagus serta pengetahuan yang luas.

“Ke depan nya mereka yang terpilih akan memiliki suatu tanggung jawab untuk mengenalkan Sumatera Barat ke dunia luar, baik dari segi pariwisata, budaya, kesenian dan lain-lain,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh 16 kabupaten/kota dari 19  kabupaten/kota di Sumbar. Sedangkan dewan juri berasal dari berbagai kalangan, seperti akademisi, praktisi, serta pelaku pariwisata di Sumbar. Yakni Dr. Yenni Karneli MPd dari UNP,  Prof dr. Nursyirwan Effendi dari Unand, Drs Burhasman MM, Didit P Santoso MSi serta Cut Donna Cordelia. (vand)

Post a Comment

0 Comments